PENDIDIKAN KARAKTER ANAK EKS LAPAS DI SHELTER RUMAH HATI DESA JELAK OMBO KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JOMBANG

Main Author: Alif Fatun Maghfiroh; MAHASISWA
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PPKN/article/view/67426
Daftar Isi:
  • ABSTRACT: Character education in period now become the primary needs in all aspects of community life. No exception for ex-prison child (Lapas). The purpose of writing is to describe the program and implementation as well as obstacles in the education of children's character ex prison (Lapas) in Shelter Rumah Hati. The method used qualitative research with descriptive approach. Data obtained from the board Shelter Rumah Hati. The purpose of character education in Shelter Rumah Hati is to change the pattern of life and morals of ex-prisoners. There are two programs in the character education of ex prison children in Shelter Rumah Hati, that is: psychological rehabilitation programs and educational rehabilitation programs. In the implementation of the program the child is directly involved in the process. Obstacles to be faced, among others: from the internal (family), external (association), and lack of human resources management. Keywords:Character education, Children ex prison (Lapas), Shelter Rumah Hati ABSTRAK: Pendidikan karakter di zaman sekarang menjadi kebutuhan primer dalam semua aspek kehidupan masyarakat, Tak terkecuali untuk anak eks lembaga pemasyarakatan (Lapas). Tujuan dari penulisan adalah mendeskripsikan program dan pelaksanaan serta hambatan dalampenanaman pendidikan karakter anak eks lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Shelter Rumah Hati. Metode menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dari pengurus Shelter Rumah Hati. Tujuan pendidikan karakter di Shelter Hati adalah untuk merubah pola hidup dan moral anak eks Lapas. Terdapat dua program dalam pendidikan karakter anak eks lapas di Shelter Rumah hati, yaitu: program rehabilitasi psikologi dan program rehabilitasi pendidikan. Dalam pelaksanaan program tersebut anak dilibat secara langsung dalam prosesnya. Hambatan yang harus dihadapi, antara lain: dari pihak internal (keluarga), eksternal (pergaulan), dan kurangnya SDM pengurus. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Anak eks Lapas, Shelter Rumah Hati