PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER PESERTA DIDIK KELAS X IPS MA DARUL ULUM GONDANGLEGI

Main Author: Roudhoh Maghfiroh; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/76947
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X IPS MA Darul Ulum Gondanglegi dengan menerapkan model pembelajaran group investigation. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdapat 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X IPS MA Darul Ulum Gondanglegi. Hasil penerapan menunjukkan nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah pra tindakanyaitu 55,8. Nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah siklus I meningkat menjadi 71,4. Nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah siklus II juga meningkat menjadi 83,1. Persentase peningkatan kemampuan memecahkan masalah dari pra tindakan ke siklus I sebesar 27,9% dan persentase peningkatan kemampuan memecahkan masalah dari siklus I ke siklus II sebesar 19,5%..