PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODELTEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI AMBULU KABUPATEN JEMBER

Main Author: PIPIT KRISTIANTO; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/74138
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Observasi awal diketahui metode pembelajaran geografi yang dilakukan di SMA Negeri Ambulu adalah ceramah, pemberian tugas, dan diskusi kelompok. Hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal 57% dan rata-rata kelasnya sebesar 72,60. Jumlah ketuntasan belajar siswa kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk mata pelajaran Geografi sebesar ≥ 75 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar ≥ 85%. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada Mei 2018. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui tes. Tindakan yang dilakukan yaitu pembelajaran kooperatif model team assisted individualization (TAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar pada pra tindakan sebesar 72,60 pada siklus 1 meningkat menjadi 74,47 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 81,57.Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar dengan persentase peningkatan sebesar 9,53%. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 57%, siklus 1 sebesar 73%, dan pada siklus 2 menjadi 86%.Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) Bagi guru geografi agar menggunakan model team assisted individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran kooperatif model team assisted individualization dengan subjek penelitian yang berbeda.