Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Earth Science System in the Community (EarthComm) Melalui Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Kelas X IPS SMAN 7 Malang

Main Author: Defi Puspitasari
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/69302
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Puspitasari, Defi. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Earth Science System in the Community (EarthComm) Melalui Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Kelas X IPS SMAN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) ArdyantoTanjung, S.Pd, M.Pd, (2) Drs. Rudi Hartono, M.SiKata Kunci: model pembelajaran EarthComm, Kemampuan Berpikir SpasialModel pembelajaran Earth Science System in the Community (EarthComm) merupakan salah satu model pembelajaran berbasis inkuiri yang mencakup tentang sistem bumi. Model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif dan tepat untuk menumbuhkan kemampuan berpikir spasial siswa. Pembelajaran inovatif lebih mengarah dan berpusat pada siswa. Proses pembelajaran dirancang, disusun dan dikondisikan pada pemahaman serta kegiatan siswa sehingga lebih aktif dan termotivasi. Mata pelajaran geografi adalah salah satu yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran. Geografi memperkenalkan suatu objek, menunjukkan lokasi, alasan keberadaan objek pada suatu lokasi serta memvisualisasikan keterkaitan keberadaan objek dalam suatu ruang tertentu. Kemampuan berpikir spasial dalam mata pelajaran geografi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Siswa diharapkan memiliki kemampuan berpikir spasial sehingga dapat menganalisis fenomena yang terjadi pada ruang tertentu.Penelitian bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model EarthComm terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menerapkan pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 7 Malang. Instrumen penelitian menggunakan soal essai yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Soal essai diberikan sebelum dan sesudah perlakuan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-Test. Analisis data pengujian menggunakan uji statistik parametrik dengan bantuan SPSS 23.0 for windows.Berdasarkan hasil analisis uji t yang sudah dilakukan dibuktikan bahwa nilai probabilitas 0,000 < 0,05 dan rata-rata (mean) kemampuan berpikir spasial siswa kelas eksperimen (13,69) lebih besar daripada kelas kontrol (9,30) maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran EarthComm berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPS SMAN 7 Malang.Saran dapat diajukan kepada: (1) sekolah, agar membantu untuk memberikan referensi, dorongan, dan fasilitas mengenai model pembelajaran EarthComm untuk guru; (2) guru, menyiapkan sintaks pembelajaran dan menjelaskan pada siswa agar pembelajaran kondusif; (3) peneliti selanjutnya, dapat menambah atau mengubah variabel, menggunakan media yang lain, dan materi lain yang masih berkaitan dengan sistem kebumian.