PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI GEOGRAFI DI SMA NEGERI 10 MALANG

Main Author: OKVITA TRI MARDHIYAH; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/6281
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMardhiyah, Okvita Tri. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Teams GamesTournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa BidangStudi Geografi di SMA Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan GeografiFakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Yusuf Suharto.Kata kunci: Motivasi belajar geografi siswa, Teams Games TournamentHasil observasi awal di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Malangmenunjukkan motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang pada saatmengikuti pelajaran geografi sangat rendah yaitu diketahui bahwa pada saatpembelajaran siswa yang catatannya lengkap sebanyak 42,11%, yangmendengarkan penjelasan guru dengan seksama 47,37%, siswa yang tidakberbicara di luar konteks materi 28,95%, yang bertanya hanya 13,16%, dan yangmengerjakan tugas yang diberikan guru 60,53%. Apabila guru melontarkanpertanyaan hanya 18,42% yang berebut menjawab pertanyaan dari guru.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar geografisiswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang dengan menerapkan model pembelajarankooperatif Teams Geam Tournament (TGT). Pembelajaran kooperatif TeamsGames Tournament (TGT) dalam penelitian ini diterapkan pada materi kelas XIsemester 1 pada indikator menghitung tingkat kelahiran, kematian, dan migrasi.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2siklus, di mana setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 4 SMANegeri 10 Malang sebanyak 38 siswa. Motivasi siswa diukur dengan 4 indikatormotivasi yaitu attention (perhatian), relevance (relevansi), convidence (percayadiri) dan satisfaction (kepuasan). Untuk mengukur motivasi siswa digunakaninstrumen berupa angket dan lembar observasi. Angket motivasi siswa dianalisismenggunakan rumus persentase sedangkan lembar observasi dianalisis denganmenggunakan rumus keberhasilan tindakan. Data mengenai motivasi belajargeografi siswa dalam penelitian ini dianalisis secara klasikal.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasibelajar geografi siswa dari sebelum, setelah pelaksanaan siklus 1 dan setelahpelaksanaan siklus 2. Peningkatan motivasi belajar geografi siswa ini dilihat daripeningkatan persentase baik tiap deskriptor maupun indikator motivasi yangmengalami peningkatan.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatifmodel Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajargeografi di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Malang. Saran yang dapat kamiberikan setelah melaksanakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT) yaitu: (1) bagi guru geografi agar dapatmenggunakan model pembelajaran TGT pada kompetensi lain untukmeningkatkan motivasi belajar siswa, (2) bagi sekolah agar dapat dijadikanreferensi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di sekolah.