PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS-GEOGRAFI SISWA KELAS VIII-D SMP MUHAMMADIYAH KEDIRI

Main Author: Arizza Rusita; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/6244
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRusita, Arizza. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TeamGames Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPSGeografiSiswa Kelas VIII-D SMP Muhammadiyah Kediri. Skripsi,Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyono Hari U, M.Pd, M.Si(II) Prof. Dr. Sumarmi, M.PdKata Kunci: Model Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar.Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidangstudi, metode yang sering digunakan adalah metode ceramah dan pemberiantugas individual. Di SMP Muhammadiyah Kediri tidak mempunyai kelasunggulan, kemampuan akademik siswa di dalam kelas heterogen. Hanya47,6% dari 42 siswa pada kelas VIII-D memenuhi standar ketuntasanminimum, sehingga dapat dikatakan kelas VIII-D belum tuntas. Suatu kelasdikatakan tuntas belajarnya jika dikelas tersebut terdapat 85% siswa telahmencapai ketuntasan individual. Metode pembelajaran yang digunakan guruGeografi membuat siswa di dalam kelas belum memiliki team work,sehingga hubungan personal antar siswa belum terbangun atau bisadikatakan siswa memiliki sikap individualis. Sikap siswa ini mengakibatkantingkat pemahaman siswa dalam kelas berbeda-beda. Dengan penerapanpembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) diharapkansemua siswa secara merata dapat memahami materi yang diajarkan olehguru, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPSGeografisiswa kelas VIII-D SMP Muhammadiyah Kediri melalui penerapanmodel pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian inimerupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklustindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa datapelaksanaan penerapan tindakan yang dilakukan oleh guru, data hasilbelajar siswa tiap siklus, catatan lapangan dan lembar observasi prosespembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soalturnamen, format dokumentasi, lembar observasi pelaksanaan penerapantindakan guru, catatan lapangan dan lembar observasi proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajarankooperatif model Team Games Tournament dalam bidang studi IPS-Geografidapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP MuhammadiyahKediri. Hasil belajar siswa meningkat pada Siklus I ke Siklus II.Berdasarkan penelitian ini, bagi para guru disarankan untukmenerapkan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament padapokok bahasan selain Penyimpangan Sosial dan Hubungan Sosial sebagaialternatif dalam pelaksanaan pembelajaran. Para guru hendaknya juga lebihmendorong dan memotivasi siswa agar lebih giat belajar baik di rumahmaupun di sekolah.