PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 1 SINGOSARI
Main Author: | GADHING MAYA ESTIKA; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/6222 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKEstika, Gadhing Maya. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model ThinkPair Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil BelajarGeografi Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari. Skripsi, JurusanPendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Prof. Dr. Edy purwanto, M.Pd.Kata Kunci: think pair share (TPS), motivasi belajar, hasil belajar.Berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung diketahui bahwahasil belajar geografi siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari cukup rendah.Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas VIII G untuk mata pelajaran Geografisebesar 54,53 serta masih banyak hasil belajar siswa yang berada di bawahStandar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan yakni sebesar 77. Hasilbelajar yang rendah ini, disebabkan oleh beberapa faktor antara lain metodepembelajaran yang digunakan oleh guru masih tradisional yaitu menggunakanmetode caramah, tanya jawab. Metode ini membentuk siswa menjadi pasif,merasa bosan dan cenderung meremehkan guru dengan ramai bersama temannya,maka akan menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah. Jika motivasibelajar rendah maka akan mempengaruhi hasil belajar menjadi rendah.Berdasarkan permasalahan di atas, maka perlu diterapkan modelpembelajaran baru yaitu Think Pair Share (TPS). TPS merupakan suatu modelsederhana dengan keuntungan besar. TPS dapat meningkatkan kemampuan siswadalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswalain serta saling menyampaikan idenya untuk didiskusikan sebelum disampaikandi depan kelas. Selain itu, TPS juga dapat memperbaiki rasa percaya diri dansemua siswa mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam kelas. TPS sebagaisalah satu model pembelajaran kooperatif terdiri dari 3 tahapan, yaitu thinking,pairing, dan sharing. Guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber pembelajaran(teacher oriented), tetapi justru siswa dituntut untuk dapat menemukan danmemahami konsep-konsep baru (student oriented). Penelitian ini bertujuan untuk:(1) meningkatkan motivasi belajar geografi siswa dengan menggunakan modelpembelajaran Think Pair Share, (2) meningkatkan hasil belajar geografi denganmenggunakan model pembelajaran Think Pair Share.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas(PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian tindakankelas ini, peneliti terlibat langsung dalam seluruh proses penelitian mulai dariperencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiridari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan tes, observasi,catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di kelasVIII G SMP Negeri 1 Singosari dengan jumlah siswa 36 orang, pada materi pokokpermasalahan lingkungan dan upaya penanggulangannya dalam pembangunanberkelanjutan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalamipeningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase seluruh aspek motivasi belajarisiswa yang diamati yaitu 64,97% dengan kategori cukup pada siklus I meningkatmenjadi 74,85% dengan kategori tinggi pada siklus II. Peningkatan juga terjadipada hasil belajar siswa setelah tindakan, dimana nilai rata-rata tes akhir siklus Isebesar 72,22% meningkat menjadi 94,29% pada siklus II.Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajarangeografi dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Think PairShare dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 1Singosari, (2) pembelajaran geografi dengan menggunakan metode pembelajarankooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelasVIII G SMP Negeri 1 Singosari. Adapun saran yang dapat diberikan dalampenelitian ini adalah: (1) untuk melaksanakan pembelajaran kooperatif modelThink Pair Share memerlukan persiapan yang sungguh-sungguh, guru harusmampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan denganmetode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dalam proses belajarmengajar, guru harus mampu mengelola kelas dengan baik agar tidak terjadikegaduhan saat proses pembelajaran, (2) penelitian ini hanya terbatas pada materipermasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalampembangunan berkelanjutan. Sebaiknya bagi peneliti lain memperluas penelitianpada materi lain.ii