Pengaruh Media Microsoft PowerPoint terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VIII pada Topik Bahasan Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk di SMP Negeri 2 Malang
Main Author: | Johandayani Johandayani; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/5899 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKJohandayani. 2009. Pengaruh Media Microsoft PowerPoint terhadap Hasil BelajarSiswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VIII pada Topik Bahasan KondisiFisik Wilayah dan Penduduk di SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, JurusanGeografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. EdyPurwanto, M.Pd, (II) Drs. Yusuf Suharto.Kata kunci: Media Microsoft PowerPoint, hasil belajar.Memajukan kemampuan anak didik tidaklah mudah, karena sifat pembelajaranyang semakin kompleks. Guru, siswa, kurikulum, sarana dan prasarana yang termasuk didalam proses pembelajaran saling berhubungan.Guru mempunyai tugas memilih metodedan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa serta materi yangdisampaikan demi tercapainya tujuan pendidikan khususnya belajar geografi. Alat ataumedia pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat penting untukpeningkatan kemampuan anak didik dalam proses belajar mengajar. Salah satu mediapembelajaran yang banyak digunakan adalah OHP (Over head Projektor), namun dalampelaksanaannya peggunaan OHP (Over head Projektor) tidak praktis. Berbeda denganmedia pembelajaran Microsoft PowerPoint yang sangat mudah dioperasikan melaluibantuan komputer dan proyektor LCD, seorang pendidik dapat menyampaikan materidengan mudah dan lebih hemat karena kertas transparansi tidak diperlukan lagi.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untukmembuktikan pengaruh media Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar siswa kelasVIII SMP Negeri 2 Malang pada mata pelajaran Geografi. Subyek penelitian ini adalahsiswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 yangsecara akademis memiliki kemampuan rata-rata tiap kelas adalah sama sehinggadianggap homogen. Penelitian ini mengambil dua kelas, satu kelas eksperimen dan satukelas kontrol.Kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran yangsama dari segi tujuan, isi, bahan pembelajaran dan waktu belajar, perbedaan hanyaterletak pada pemanfaatan Media Microsoft PowerPoint. Data dikumpulkan dengan carapemberian tes kemampuan awal (prates) dan tes kemampuan akhir (pascates). Analisisdata dilakukan dengan uji Paired Sample Test dengan bantuan SPSS 14.0 for Windows.Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar IPS Geografi siswa yangmenggunakan media Microsoft PowerPoint lebih baik daripada siswa yang tidakmenggunakan media Microsoft PowerPoint. Dengan demikian, dapat dikemukakan bahwapenggunaan media Microsoft PowerPoint berpengaruh pada hasil belajar IPSGeografi.Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan mediaMicrosoft PowerPoint sebagai media pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik.Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan media Microsoft PowerPointdan mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampakpengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat yang lebihbesar dari penggunaan media Microsoft PowerPoint.