Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN 10 Malang
Main Author: | Bayu Adi Nugraha; mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/52887 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT Nugraha, Bayu Adi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team GameTournament Terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN10 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.Kata Kunci: model pembelajaran Team Game Tournament, motivasi belajargeografi.Model pembelajaran konvesional yang diterapkan guru di sekolahberdampak terhadap motivasi belajar geografi siswa. Siswa cenderung engganmengikuti mata pelajaran geografi karena siswa merasa tidak bisa menerapkanpelajaran yang di dapat dalam kehidupan sehari-hari sehingga kurang bermanfaat.Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah model pembelajaranyang inovatif. Model pembelajaran Team Game Tournament bisa menjadi salahsatu alternatif untuk menstimulasi motivasi belajar geografi siswa. Modelpembelajaran dapat menstimulasi motivasi belajar geografi siswa karenamengandung unsur kompetisi dan penghargaan.Rancangan penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semumenggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian inimenggunakan kelas X 6J2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 6K2 sebagaikelas kontrol dengan pengambilan sample simple random sampling karena semuakelas X Ilmu Sosial mempunyai kemampuan yang hampir sama. Instrumenpengukuran motivasi belajar menggunakan angket dengan 20 butir penyataan.Analisis data yang digunakan adalah uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Team GameTournament berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapatdilihat dari nilai rata-rata gain score yang menunjukkan bahwa nilai rata-ratasiswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol. Kelaseksperimen mendapat nilai rata-rata gain score 6,83, sedangkan nilai rata-ratagain score kelas kontrol sebesar 2,69.Model pembelajaran Team Game Tournament memiliki kelebihan dapatmembangkitkan motivasi belajar siswa karena mengandung unsur penguatan(reinforcement). Semua siswa dituntut untuk berkompetisi dengan kemampuanyang dimiliki oleh setiap individu. Saran untuk penelitian selanjutnya agarmendapat hasil yang optimal adalah motivasi siswa tidak hanya dibangun dari luardengan cara pemberian hadiah, tetapi motivasi juga perlu dibangun dari dalam dirisiswa sendiri. Saat motivasi dari dalam diri siswa mampu dibangkitkan maka akan tercapai pembelajaran Team Game Tournament yang baik dan maksimal.