Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MAN Kandangan Kabupeten Kediri
Main Author: | Maria Ulfa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/52325 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/download/52325/40175 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT Ulfa, Maria. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI)berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XIMAN Kandangan Kabupeten Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas IlmuSosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya,M.Si, (II) Dra.Yuswanti Ariani Wirahayu M.SiKata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Lesson Study, KemampuanBerpikir Kritis.Model pembelajaran yang banyak diterapkan saat ini adalah modelpembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) yang menuntut siswa untukbekerjasama dan aktif dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran.Pembelajaran kooperatif memiliki berbagai model, salah satunya adalah modelpembelajaran Group Investigation (GI). Model pembelajaran GI memiliki berbagaikelebihan dan sintaknya sesuai dengan Kurikulum 2013. Penerapan GI dapat lebihefektif jika dipadukan Lesson Study yang berisi kegiatan perbaikan terhadap prosespembelajaran dikelas yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajarangroup investigation berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis siswapada kelas XI MAN Kandangan Kabupaten Kediri. Rancangan penilitian ini adalahPostest Only Control Group Design yang termasuk dalam penelitian eksperimensemu. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kandangan Kabupaten Kediri dengan XIIIS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 1 sebagai kelas control. Data dalampenelitian ini adalah kemmapuan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukandengan tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan. Analisis datadilakukan dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswakelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dari hasil uji-t terhadapkemampuan berpikir kritis siswa didapatkan bahwa nilai probabilitas adalah 0,00.Dari hasil tersebut nilai probabilitas < 0,05, maka H0 ditolak, H1 diterima atau dapatdiartikan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI yangmengikuti model pembelajaran group investigation berbasis lesson study. Gurudisarankan untuk menggunakan model pembelajaran group investigation berbasislesson study dalam proses pembelajaran, khususnya diterapkan pada kompetensi dasar yang menuntut kemampuan berpikir kritis