Penerapan Variasi Metode Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VIII di MTs Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik

Main Author: Eni Kusniati; 2007
Format: PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/3655
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/download/3655/3889
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKusniati, Eni. 2007. Penerapan Variasi Metode Pembelajaran Geografi UntukMeningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VIII di MTs Al AsyharSungonlegowo Bungah Gresik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FMIPAUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, (II) Drs. TimotiusSuwarna, M. PdKata Kunci: Variasi, Metode Pembelajaran, Hasil BelajarDalam usaha peningkatan hasil belajar siswa maka diperlukan suatu bentukpembelajaran yang efektif dan efisien, yaitu dengan memilih metode pembelajaran yangsesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa, variatif, dapat menciptakan suasanapembelajaran menjadi menyenangkan, dapat mendorong atau merangsang siswa untukaktif dalam mengikuti pelajaran, meningkatkan daya serap siswa ter-hadap materipelajaran dan siswa tidak mudah bosan, sehingga diperlukan usaha yang maksimal olehkarena itu dalam pembelajaran diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa dalampembelajaran siswa kurang aktif dan sering merasa bosan karena metode yangdivariasikan adalah ceramah, tanya jawab, dan tugas rumah serta guru jarangmenggunakan media karena keterbatasan media yang dimiliki sehingga hasil belajar yangdi peroleh kurang maksimal. Dengan penerapan variasi metode pem-belajaran diharapkansiswa dapat merasa senang, tertarik dan aktif dalam belajar sehingga dapat meningkatkanhasil belajar geografi.Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar geografi melaluipenerapan variasi metode pembelajaran.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MTsAlAsyhar Sungonlegowo Bungah Gresik, pada semester I Tahun ajaran 2006/2007 mulaibulan Oktober sampai Januari 2006. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus I variasimetode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dankerja kelompok. Sedangkan pada siklus II variasi metode pembelajaran yang digunakanadalah ceramah, tanya jawab, tugas, diskusi, dan pratikum. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas VIII B dengan jumlah siswa dalam kelas 25 orang. Analisis yang digunakanadalah analisis deskriptif. Analisis data kuantitatif hasil belajar akan ditentukan denganmenggunakan rumus nilai rata-rata.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I pembelajaran denganmenggunakan variasi metode pembelajaran, suasana pembelajaran berbeda dengansebelum dilakukan penelitian yang awalnya siswa kurang aktif menjadi lebih aktif danaktivitas siswa bertambah tidak hanya tanya jawab saja melainkan juga kerja kelompokdan diskusi kelompok. Dan aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup padasiklus I menjadi sangat baik pada siklus II, siswa terlihat begitu antusias pada saatdilakukan demonstrasi dan pratikum karena siswa melihat dan terlibat secara langsung.Dan dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa dari kriteria baik pada siklus Imenjadi sangat baik pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa penerapan variasi metodepembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII B MTsAlAsyhar Sungonlegowo Bungah Gresik. Dan temuan-temuan yang didapat adalah sebagaiberikut: (1) aktivitas siswa dengan penerapan variasi metode pem-belajaran yangberpusat pada aktivitas siswa mengalami peningkatan; (2) variasi metode pembelajarandan menggunakan media pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar bertambahmenarik dan tidak mudah bosan, serta dapat meningkatkan semangat belajar siswa.