Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil belajar pada Kompetensi Mendeskripsikan Pola Keg Ekonomi, Penggunaan Lahan, dan Pola Permukiman Berdasarkan Kondisi Fisik Permukaan Bumi Kelas VII SMPN 1 Sumobito Jombang
Main Author: | Ni'matul Iza; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/3343 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIza, Ni'matul. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together(NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada KompetensiMendiskripsikan Pola Kegiatan Ekonomi, Penggunaan Lahan, dan PolaPermukiman Berdasarkan Kondisi Fisik Permukaan Bumi Kelas VIISMP Negeri 1 Sumobito Kabupaten Jombang. Skripsi, JurusanPendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar.Hasil observasi awal menunjukkan bahwa metode pembelajaran IPSGeografi yang dilakukan oleh guru kelas VII F di SMP Negeri 1 Sumobito berupaceramah, penugasan, dan diskusi kelompok. Metode tersebut dirasakan masihkurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, kerja kelompok, dankemampuan siswa dalam menguraikan materi pembelajaran sehingga hasil belajarsiswa kurang optimal dalam mencapai kompetensi yang ditetapkan. Hal ituterlihat dari ketuntasan klasikal sebesar 47%. Ketuntasan belajar siswa tersebutkurang dari standar ketuntasan minimal (SKM), sebesar > 65 dan ketuntasanbelajar klasikalnya, sebesar > 85%.Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapaikompetensi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran NumberedHead Together (NHT) dengan rancanngan penelitian tindakan kelas. Teknikpengumpulan data menggunakan tes, dan dianalisis secara deskriptif. Penelitiandilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek siswa kelas VII F yang berjumlah34 siswa pada bulan Mei-Juni 2009.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalamipeningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II.Peningkatan hasil belajar dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa.Ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan sebesar 47%, pada siklus I meningkatmenjadi 65% dan siklus II meningkat menjadi 91%.Berdasarkan hasil tersebut disarankan agar model pembelajaran NumberedHead Together (NHT) diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar yang berupapengembangan kompetensi dasar mendiskripsikan atau kompetensi sejenis yangperlu dilakukan penelitian. Bagi guru bidang studi IPS Geografi di SMP Negeri 1Sumobito disarankan untuk menjadikan model Numbered Head Together sebagaisalah satu pembelajaran alternatif, agar dapat meningkatkan hasil belajar. Untukpenelitian lanjutan model ini perlu dikembangkan pada kompetensi dasar analisisdengan aspek hasil belajar dan aktivitas siswa.Click here to buyABBYY PDF Transformer 2.0www.ABBYY.comClick here to buyABBYY PDF Transformer 2.0www.ABBYY.com