Meningkatkan hasil Belajar Siswa Kelas VIII F melalui Pembuatan Majalah Dinding (Mading) pada Pembelajaran Pranata Sosial dan Penyimpangannya di SMP Negeri 4 Malang

Main Author: Nurdina Astari
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/2044
Daftar Isi:
  • iABSTRAKNurdina Astari. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII F MelaluiPembuatan Majalah Dinding (Mading) di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi,Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Edy Purwanto, M.Pd, (II) Drs. Yusuf SuhartoKata Kunci: Majalah Dinding, Hasil BelajarBerdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMP Negeri 4 Malangdiketahui bahwa dalam pembelajaran geografi, guru menggunakan metodeceramah dan tanya jawab. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswauntuk berdiskusi dengan temannya, belajar menyampaikan pendapat, danmenghargai pendapat temannya sehingga siswa terlihat sangat pasif. Tujuanpenelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII F SMPNegeri 4 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan metodepembuatan majalah dinding.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari dua kalipertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri dari pertemuan pertama 2 jampelajaran, pertemuan kedua 2 jam pelajaran. Alokasi waktu 1 jam pelajaran terdiridari 45 menit. Tindakan yang dilakukan yaitu pembelajaran kooperatif denganmetode pembuatan majalah dinding. Langkah-langkah metode pembelajaranpembelajaran pembuatan mading yaitu: (1) Siswa membentuk kelompok yangterdiri dari 6 orang, (2) Dalam setiap kelompok menentukan ketua kelompok dananggota serta presentator, (3) Kemudian siswa membuat mading dengan temayang berbeda di setiap kelompok , (4) Setiap kelompok mempresentasikan hasilkaryanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi,analisis responsifitas, dan catatan lapangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat darisebelum tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Kondisi awal hasil belajar siswamendapat nilai rata-rata 69 dengan ketuntasan belajar siswa yaitu 30%. Padasiklus I, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80 dengan ketuntasanbelajar siswa 86%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa semakin meningkatyaitu 82 dengan ketuntasan belajar siswa 92. Adapun saran yang diberikan yaitu:(1) Bagi guru geografi disarankan untuk menggunakan metode pembelajaranpembuatan majalah dinding ini, (2) Guru hendaknya melakukan manajemenwaktu dan guru harus mampu mengelola kelas dengan baik agar tidak terjadikegaduhan selama proses pembelajaran berlangsung, (3) Bagi peneliti selanjutnyadiharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaikikualitas pembelajaran kooperatif dengan metode pembuatan majalah dinding inidengan subjek penelitian yang berbeda.