Peningkatan Kerampilan Membaca Pemahaman Teks Narasi Menggunakan Model Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) di Kelas V SDN Ngembul 04 Kabupaten Blitar

Main Author: Prasetiyo Arif Dwi Pujo; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2019
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-KSDP/article/view/81359
Daftar Isi:
  • RINGKASANPrasetiyo, ArifDwiPujo. 2019. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahamanteks Narasi menggunakan model Survey, Question, Read, Recite, And Review (Sq3r) Di Kelas V SDN Ngembul 04 Kabupaten Blitar.Skripsi. Prodi S1Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suhel Madyono, M.Pd, (II) Arda Purnama Putra, M.Pd Kata kunci: keterampiilan membaca pemahaman,teks narasi, model sq3rBerdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran membaca pemahaman teks narasi di kelas V SDN Ngembul 04 Kabupaten Blitar masihrendah. Ada beberapa penyebab rendahnya tingkat kesulitar belajar yang berasal dari guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks narasi siswa menggunakan model survey, question, read, recite, and review (SQ3R)pada siswa kelas V SDN Ngembul 04 Kabupaten Blitar.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang dirancang dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu tahap pratindakan, siklus I, dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Model yang digunakan adalah model survey, question, read, recite, and review (SQ3R)dengan jenis data berupa data proses berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data hasil keterampilan dan pengetahuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model SQ3Rdapat meningkatkan siswa untuk berfikir kritis, aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna sudah dilksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Ngembul 04 Kabupaten Blitar Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model SQ3R pada pembelajaran membaca pemahaman teks narasi dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V SDN Ngembul 04 Kabupaten Blitar. Dengan demikian, hendaknya guru menerapkan model SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman teks narasi.