Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintahan Pusat Melalui Model Mind Mapping Kelas IV SDN Plosokerep 02 Kota Blitar

Main Author: Stalis Ida Fitria; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-KSDP/article/view/47411
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fitria, Ida Stalis. 2016, Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintahan Pusat Melalui Model Mind Mapping Kelas IV SDN Plosokerep 02 Kota Blitar. Skripsi, jurusan kependidikan sekolah dasar dan prasekolah program studi sarjana pendidikan guru sekolah dasar, FIP, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Widayati, M.H, (2) Suwarti, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: hasil belajar, PKn, mind mapping Berdasarkan hasil observasi awal dalam proses pembelajaran PKn di kelas IV SDN Plosokerep 02 Kota Blitar pada materi lembaga pemerintahan tingkat pusat terdapat permasalahan yang muncul guru lebih mendominasi dengan menggunakan model konvensional. Guru dalam pembelajaran kurang bisa memanfaatkan media dan model untuk memancing siswa dalam mengembangkan pemahaman terhadap materi yang diberikan. Sehingga siswa kurang aktif dan berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan hasil belajar siswa kelas IV masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskipsikan penerapan model Mind Mapping mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Plosokerep 02 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Plosokerep 02 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar melalui model Mind Mapping. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus selama 4 kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Plosokerep 02 Kota Blitar yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil aktivitas guru dengan menerapkan model Mind Mapping pada siklus I aktivitas guru mencapai 85% dan pada siklus II jumlah meningkat menjadi 97%. Sedangkan hasil aktivitas siswa dengan menerapkan model Mind Mapping pada siklus I aktivitas siswa mencapai 70% dan pada siklus II jumlah meningkat menjadi 95%. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model Mind Mapping pada siswa kelas IV SDN Plosokerep 02 yaitu pada tahap pratindakan ketuntasan siswa mencapai 26% dan pada siklus I hasil belajar siswa menjadi 45% dan pada siklus II jumlah meningkat menjadi 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkat hasil belajar siswa. Model pembelajaran Mind Mapping dapat diterapkan guru untuk memperbaiki pembelajaran PKn agar menjadi lebih baik.