Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Siswa kelas V SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Main Author: Endang Goulap; Perpustakaan UM
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-KSDP/article/view/14660
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Goulap, Endang. 2011. Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Siswa kelas V SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi. Jurusan KSDP Program S1 PGSD Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing; (1) Dra. Sri Sugiharti, M.Pd.(2) Drs.I Made Seken, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran, TPS, Aktivitas dan Hasil Belajar, IPS SD. Keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas salah satunya di tentukan oleh cara guru menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran di gunakan harus sesuai dengan kebutuhan siswa, karena setiap model pembelajaran mempunyai tujuan, prinsip dan penekanan yang berbeda. Namun dalam kenyataannya guru tidak pernah menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga aktivitas siswa terlihat masih pasif dan hasil belajarnya rendah. Bahkan guru hanya dapat menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru sendiri , sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Dalam model ini siswa akan berpikir (Think) secara individu, kemudian siswa secara berpasangan (Pair) saling tukar pendapat untuk melengkapi penemuannya. Selanjutnya tahap berbagi dalam kelompok besar yang di lakukan dengan kelompok besar di dalam kelas (Share).Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan jumlah 43 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pengembangan Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, test, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi pokok tokoh-tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan indonesia. Hasil pre test siswa rata-rata 63,25%. Siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 84,65% dan siklus 2 terus megalami peningkatan menjadi 95,81%. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share berhasil diterapkan pada siswa kelas V SDN Madyopuro II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Disarankan bagi peneliti lain, penelitian ini dapat di jadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya, sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi dan meningkatkan prestasi belajar.