Penerapan Metode Demonstrasi Menggunakan Kartu Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV SDN Kebotohan Pasuruan

Main Author: RURI AYU WIDOWATI; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-KSDP/article/view/13561
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Widowati, Ruri Ayu. 2011. Penerapan Metode Demonstrasi Menggunakan Kartu Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV SDN Kebotohan Pasuruan. Ujian Akhir Program, Jurusan KSDP Program Srudi SI PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Musa Sukardi, M.Pd. Kata Kunci: metode demonstrasi, media kartu bilangan, penjumlahan bilangan bulat Berdasarkan observasi awal ditemukan permasalahan bahwa dari 22 siswa kelas IV SDN Kebotohan, siswa masih belum menguasai konsep dasar penjumlahan bilangan bulat dengan rincian dari 22 siswa hanya 4 siswa yang mampu mengerjakan 3 soal dengan benar, 5 siswa mampu mengerjakan 2 soal dengan benar, dan 14 lainnya salah dalam mengerjakan soal tersebut. Sesuai dengan perkembangan kognitif anak menurut Piaget, maka diadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam menggunakan media kartu bilangan bulat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan penjumlahan bilangan bulat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi menggunakan kartu bilangan bulat yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam menyelesaikan penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Kebotohan Pasuruan, 2) Mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar Matematika siswa dalam menyelesaikan penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Kebotohan Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kolaboratif dan bersiklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebotohan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes evaluasi. Sedangkan instrumen penelitian data yang digunakan berupa pedoman observasi dan lembar evaluasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif, dan indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah ketuntasan perorangan sebesar 65% dan ketuntasan klasikal 75% berdasarkan petunjuk pelaksanaan belajar mengajar dalam KTSP. Hasil dari penelitian setelah dilakukan Tindakan Kelas, data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra tindakan rata-rata 20,0. Pada siklus I mencapai 62,7, sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 80,0 sehingga ketuntasan belajar meningkat melampaui standar ketuntasan minimal 75%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan dalam PBM guru menggunakan media yang menarik dan bervariasi supaya pembelajaran berlangsung menyenangkan dan guru harus kreatif menemukan cara-cara yang mudah dan cepat dipahami siswa dalam pembelajaran Matematika.