Pengaruh Media Ttangga Bilangan Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak Tunagrahita Ringan di SDLB Negeri Kedungkandang

Main Author: NINGSIH KHOLIFATUL NOVITA; Mahasiswa
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2019
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PLB/article/view/80328
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNingsih, Kholifatul Novita. 2019. Penggunaan Media Ttangga Bilangan Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak Tunagrahita Ringan di SDLB Negeri Kedungkandang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ir Endro Wahyuno, M.Si, (2) Sopingi, S.Sos, M.PdKata kunci : kemampuan operasi hitung penjumlahan, media tangga bilangan. Tunagrahita sedang merupakan anak berkebeutuhan khusus dengan hambatan intelektual. Keterbatasan tersebut mengakibatkan anak tunagrahita ringan sukar dalam berfikir abstrak dan menyesuaikan diri dengan masalah-masalah dam situasi yang di hadapinya. Akibat keterbatasan itulah anak tunagrahita ringan kesulitan dalam akademik, mereka masih dapat belajar membaca, menulis dan berhitung sederhana. Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang membentuk konsep logika berfikir yang kompleks. Khususnya berhitung penjumlahan sehingga diperlukan modifikasi pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam berhitung penjumlahan dan tidak membuat siswa bosan. Media tangga bilangan berguna untuk membantu siswa dalam belajar berhitung. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui kemampuan berhitung tunagrahita di SDLB Kedungkandang sebelum diberikan media tangga bilangan. (2) mengetahui kemampuan berhitung siswa tunagrahita di SDLB Kedungkandang sesudah diberikan media tangga bilangan. (3) mengetahui pengaruh media tangga bilangan terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita di SDLB Kedungkandang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan model One Group Pretest dan Posttest Desain. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh yang signifikan media tangga bilangan terhadap kemampuan berhitung anak tunar=grahita ringan. Kesimpulan yang diperoleh yaitu Kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tungrahita ringan kelas III di SDLB Kedungkandang sebelum dilakukan treatment dikatagorikan kurang hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil rata-rata pre-test siswa yaitu 49. Kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tungrahita ringan kelas III di SDLB Kedungkandang setelah dilakukan treatment dikategorikan baik hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil rata-rata pre-test siswa yaitu 88,25 .Terdapat pengaruh signifikan media tangga bilangan terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Kedungkandang. Saran yang Bagi guru diharapkan menerapkan media tangga bilangan dalam pembelajarannya supaya target pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai. Bagi peneliti selanjutnya Media tangga bilangan ini juga bisa diterapkan ke subjek lain. ABSTRACTNingsih, Kholifatul Novita. 2019. The Effect of the Landder Number Media On The Ability of Addition Counting Operation for Studens with Mild Intellectual Disability at SDLB Kedungkandang. Undergraduate Thesis, Special Education Department. Faculty pf education. Malang state university. Advisor : (1) Drs. Ir Endro Wahyuno, M.Si, (2) Sopingi, S.Sos, M.PdKey terms : ability addition counting operation, lander number media. Mild intellectual disability are a children with special needs with intelectual disability. The ability make the children with intelektual disability is difficult in abstract thinking, adjust to problem and the situation faced. The consequence of the limitations of mild intelectual disability have academic difficulties but they can still learn to read, write and simple counting. Matematical learning is a forming a complex logic of thinking. Particular addition counting so that modifications to the learning media to make it easier for students to count inaddition and does nt make student bored. Lander number media useful to help students learn to counting. The purpose of this study is: (1) to describe the counting ability student with mild intelectual disability at SDLB Kedungkandang before using the ladder number media. (2) to describe the counting ability student with mild intelectual disability at SDLB Kedungkandang after using the ladder number media. (3) to describe the influence lander number media to student with mild intelectual disability at SDLB Kedungkandang.This research uses quantitative methods with the type of experimental research using the One Group Pretest and Posttest Design models. The research instrument was a test for the pretest and posttest. The analysis technique used is hypothesis testing using the Wilcoxon Test.The results obtained from this study are the ability to calculate the summation of mild intelectual disability students in grade III SDLB Kedungkandang before carrying out treatments with a value of 49. The ability to caculate the summation of mild intelectual disability students in class III Kedungandang after doing treatment with a value 88,25. Suggestions for Teachers are expected to apply the media ladder number in their learning so that the desired learning target can be achieved. For the next researcher, this media ladder number can also be applied to other subjects.