PENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MELALUI MEDIA VIDEO PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB MUHAMMADIYAH KERTOSONO NGANJUK

Main Author: Lutfi Nur Afida; Mahasiswa
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PLB/article/view/76837
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Lutfi,NurAfida . 2018PeningkatanKemampuanBinaDiriMelalui Model VideoPadaAnakTunagrahitaRingan Di SLBMuhammadiyahKertosonoNganjuk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs. Sudarsini, M.Pd. (2) Sopingi, S.Sos, M.Pd Kata kunci : media video, kemampuan bina diri, tunagrahita Tunagrahitapadadasarnyamengalamihambatandalamkemampuankognitif,koordinasimotorikdansosialisasi, namunpadaumumnyamerekadapatdiarahkankepadapendidikan yangbersifatketerampilanataukerajinantangansepertiketerampilanakupresur, tataboga, tatarias, tatabusanadanmerangkaibungasebagaibekaluntukkemandirianhidupdimasadepan.Penelitianinimenggunakan media model video. Media video berisikan video animasianak yang disertaipenjelasansingkattentangberpakaiansehinggasiswalebihaktifdanbersemangatdalam proses pembelajaranbinadiriberpakaian. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan beberapa hal, yaitu (1) mendeskripsikan proses pelaksanaanPeningkatanBinaDiriMelalui Media Video PadaAnakTunagrahitaRingandan(2) menganalisiskeefektifan media video dalammeningkatkankemampuanberpakaiananaktunagrahitaringan. Metode yang digunakandalampenelitianiniyaitupenelitiantindakankelas (PTK).Penelitiantindakankelasmerupakansuatubentukkajian yang bersifatreflektif. Olehpelakutindakan yang dilakukanuntukmeningkatkanpraktekpembelajaran di kelassecaralebihberkualitassehinggasiswamendapathasilbelajar yang lebihbaik. Penelitiantindakankelasinidilakukandalam 2 siklustindakan yang dikembangkanolehKemisdan Taggart. Tiap siklus terdiri tahapan: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Hasil penelitian ini, 1) kemampuan berpakaiansiswatunagrahita ringanpada kondisipratindakan masih rendah yaitu48,5%. Kemampuan berpakaiansiswatunagrahita ringansetelah tindakansiklus I mengalami peningkatandengannilai rata-rata 61,75% % danpadasiklus II rata-ratanyayaitu 74,25%. 2) Aktivitassiswapadasiklus I nilai rata-rata 58% meningkatpadasiklus II menjadi 80%. Media video dikatakan berpengaruh karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpakaiansiswatunagrahitaringan. Dari data-data yang telahdipaparkantersebut, dapatdisimpulkanbahwamedia video dalampembelajaranbinadirimampumeningkatankemampuanbinadirisiswapadapembelajaranprogram khusus/ binadiriberpakaian.Dengandemikiandapatdisarankanbagisiswahendaknyalebihaktifdanmandiridalammengikutipembelajaranterutamapadasaatkegiatanbinadiri.BagiPembaca, agar pembacamemilikiwawasanlebihdalammemahamipembelajaran program khusus/ binadiripadapokokbahasanberpakaiandenganmenggunakan media video.