Pengaruh penggunaan Media Buku Flannel (Bussy Book) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kata Siswa Kelas III Tunagrahita Ringan SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto

Main Author: era dwi indahwaty; Mahasiswa
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PLB/article/view/76513
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Indahwaty, Era Dwi. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Buku Flanel (bussy book) terhadap kemampuan membaca permulaan kata siswa Kelas III Tunagrahita Ringan SLB- ACD Pertiwi Kota Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. M. Shodiq AM, Mpd, (II) Drs. Ahmad Samawi, M. Hum Kata Kunci: Tunagrahita, membaca permulaan, media buku flanel. Tunagrahita ringan dalam pembelajaran membaca khususnya membaca permulaan yang diterapkan pada anak tunagrahita ringan akan lebih efektif jika disertai dengan adanya media. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan suatu media yang dapat menunjang siswa dalam belajar membaca permulaan. media tersebut adalah permainan media buku flanel (bussy book) yang didalamnya terdapat gambar dan tulisan huruf yang dapat membantu siswa dalam membaca permulaan. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan sebelum dan, (2) sesudah diberikan media buku flanel, serta (3) pengaruh penggunaan media buku flanel terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain one group pre-test and post-test. Subjek penelitian menggunakan 5 siswa tunagrahita yang berada dikelas 3 SLB ACD Pertiwi Kota Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (tes lisan dan tes kinerja). Analisis data menggunakan perhitungan skor rata-rata dan presentase, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan () kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita sebelum diberikan pembelajaran menggunakan media buku flanel kategori kurang, (2) kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita sesudah diberikan pembelajaran menggunakan media buku flanel kategori baik, (3) terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan media buku flanel terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita. Saran untuk guru, diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki siswa tunagrahita dengan cara mengoptimalkan indra yang lain yang masih berfungsi. Pengoptimalan bisa dilakukan pada saat pembelajaran agar peserta didik lebih memahami materi dalam pembelajaran. Cara pengoptimalan dapat dilakukan dengan memfasilitasi pembelajaran dengan media ataupun metode yang menarik. Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan pembelajaran menggunakan media buku flanel pada subjek dengan karakteristik yang berbeda. ABSTRACT Indahwaty, Era Dwi. 2018. The effect of bussy book media application to early reading ability of third grade light mentally disable student of SLB-ACD PERTIWI Mojokerto City. Thesis, Department of Special Education, Faculty of Education Science, State University of Malang. Advisor: (I) Drs. M. Shodiq AM, MPd, (II) Drs. Ahmad Samawi, M. Hum. Keywords: mentally disable, early reading, bussy book Light mentally disable in reading lesson especially on early reading which applied to mentally disable student will be more effective if accompanied with the existence of media. Related with this matter, so it will need a media that can support student in learning early reading. This media was a bussy book media game which containing picture and letter that can help student in early reading. The objective of this research were: 1) describe the ability of early reading before and, 2)after received bussy book media and, 3) the effect of bussy book media to light disability student's early reading ability. The research method that applied in this research was experiment method with one-group pretest and posttest method. Research subject was 5 students which belong to third grade of SLB ACD Pertiwi Mojokerto City. Data collecting technique that applied was test (oral test and perform test). Data analysis using mean and percentage score calculation, and hypothesis test using Wilcoxon test. Research result showed : 1) the early reading ability of light mentally disable student before received learning with bussy book media was low, 2) the early reading ability of light mentally disable student after received learning with bussy book media was on good category, 3) there is an effect on learning with using bussy book media to student's early reading ability. Suggestion for teacher, its expected can optimize student's ability by optimize other senses which still functioning well. optimizing can be done during learning in order to make student more understand material in learning. It can be done by facilitate learning through media or other interesting method. Suggestion for next researcher, its expected develop research with learning using bussy book on different subject's characteristic.