Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Membaca Permulaan Bagi Siswa Tunagrahita di SDLB Idayu 2 Kabupaten Malang

Main Author: fajar syamsudin; Mahasiswa
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PLB/article/view/74737
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Syamsudin, Fajar. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Membaca Permulaan Bagi Siswa Tunagrahita di SDLB Idayu 2 Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Drs. Shodiq. AM, M.Pd, (II) Dr. Sihkabuden, M.Pd. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Tunagrahita Membaca permulaan merupakan pondasi awal anak dalam membaca. Dalam proses pembelajaran membaca permulaan di SDLB Idayu 2 Kabupaten Malang guru menggunakan media yang dianggap kurang membuat anak tertarik dalam pembelajaran. Maka diperlukan multimedia pembelajaran guna membantu guru dalam proses mengajar dan membantu anak dalam memahami materi. Maka daripada itu penggunaan multimedia interaktif ini bisa menjadi alternatif permasalahan disekolah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan sebuah produk multimedia interaktif yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan dan meningkatkan minat belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa tunagrahita di SDLB Idayu 2 Kabupaten Malang. Model rancangan pengembangan multimedia yang dilakukan menurut langkah Borg and Gall yang sudah dimodifikasi. Adapun langkah- langkah yang dilakukan sebagai berikut: 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan design produk awal, 4) Validasi Produk awal, 5) Revisi Produl awal, 6) Ujicoba lapangan, dan 7) Revisi produk akhir. Subyek dalam peneitian dan pengembangan ini adalah siswa tunagrahita di SDLB Idayu 2 yang belum mampu membaca permulaan. Adapun jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif materi membaca permulaan memenuhi kriteria valid yakni, ahli media 95%, ahli materi 87,5%,praktisi 95%, Hasil post-test mencapai nilai kriteria keefektifan 100% sehingga dapat dikatakan sangat efektif. Saran bagi siswa, diharapkan siswa tetap memperhatikan guru pada saat penggunaan media dan dalam proses pembelajaran yang ada di dalam kelas.