Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Terbimbing Melalui Pemanfaatan Smartphone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII Siswa Tunarungu SMPLB-B YPTB Malang
Main Author: | ishaq bashro; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PLB/article/view/74717 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mariana, Niky. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Terbimbing Melalui Pemanfaatan Smartphone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII Siswa Tunarungu SMPLB-B YPTB Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohamad Efendi, M.Pd, M.Kes., (II) Dr. sihkabuden, M.Pd Kata. Kunci: Metode Inquiry, hasil belajar IPA, anak tunarungu Peserta didik tunarungu mempunyai banyak permasalahan khususnya dalam belajar. Salah satu permasalahan yang dialami di era teknologi komunikasi yang cukup berkembang adalah kurangnya pemanfaatan smartphone untuk belajar sehingga membuat siswa menggunakan smartphone hanya untuk bermain game dan eksis di sosial media, hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar khususnya dalam penelitin ini adalah mata pelajaran IPA. Untuk meningkatkan hasil belajar IPA maka diberikan metode inquiry terbimbingmelalui pemanfaatan smartphone untuk menyampaikan materi yang tidak bisa disampaikan dengan lisan, seperti suatu proses kejadian kerusakan organ tubuh manusia yang diakibatkan oleh rokok maka dibutuhkan bantuan seperti animasi yang menjelaskan secara detail dan membuat siswa untuk lebih mudah memahami.. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah diberikan metode inquiry terbimbing melalui pemanfaatan smartphone, dan mendeskripsikan pengaruh pemberian metode inquiry terbimbing melalui pemanfaatan smartphone terhadap hasil belajar IPA kelas VIII SMPLB YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian one group pre-test post-test. Pengambilan data dilakukan dengan test tulis melalui pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data non parametik. Subjek terdiri dari 7 peserta didik kelas VIII SMPLB-B YPTB Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa tunarungu sebelum diberi metode inquiry terbimbing melalui pemanfaatan smartphone cenderung rendah (2) hasil belajar IPA pada siswa tunarungu sesudah diberi metode inquiry terbimbing melalui pemanfaatan smartphone mengalami peningkatan (3) adanya pengaruh penggunaan metode inquiry terbimbing melalui pemanfaatan smartphonepada peserta didik tunarungu. Penghitungan dengan menggunakan statistic non parametric memperoleh Thitung (28) > Ttabel (4), maka H0 ditolak, maka kesimpulannya adalah terdapat pengaruh dalam penggunaan metode inquiry melalui pemanfaatan smartphone Saran yang diberikan peneliti adalah (1) diharapkan guru dapat melanjutkan penerapan metode inquiry terbimbing dalam pembelajaran, dikarenakan dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan berbicara. (2) Bagi peneliti selanjutnya, Hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan metode inquiry terbimbing terhadap potensi lainnya sehingga nantinya dapat diketahui efektifitasnya terhadap peningkatan potensi yang dimiliki peserta didik tunarungu.