. Pemanfaatan Media ‘Animals Card’Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB Sumber Dharma Kota Malang
Main Author: | Geas Yunianti |
---|---|
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PLB/article/view/72029 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Geas Yunianti. 2017. Pemanfaatan Media ‘Animals Card’Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB Sumber Dharma Kota Malang Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr. Mohammad Efendi, M.Pd., (2)dr. Agung Kurniawan , M. Kes.Katakunci: Animals card, Menulis kalimat sederhana,Anak Tunagrahita. Berdasarkan studi pendahuluan ada beberapa permasalahan dalam penulisan kalimat sederhana anak tunagrahita kelas III di SDLB Sumber Dharmakota Malang antara lain: (1) siswa menulis masih belum sesuai dengan SPO (2) penulisan masih banyak yang salah dan terbolak-balik dengan kata yang acak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pemanfaatan media animals card di kelas IIISDLB Sumber Dharma kota Malang, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana dengan pemanfaatan media animals card siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Sumber Dharma kota malang. Penelitian ini menggunakan eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas III SDLB Sumber Dharma kota Malang . waktu dan lama penelitian dimulai dari 13 April 2017 sampai 27 April 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana dengan menggunakan media animals card dapat dilihat dari nilai rata-ratapre test siswa sebesar 48,00 dan setelah diberikan perlakuan (treatment), nilai rata-rata post test siswa meningkat 62,00. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana, guru hendaknya menggunakan media yang menarik siswa sehingga tidak membosankan. Guru hendaknya kreatif dalam memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.