Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Mata Uang Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VI di SDLB Idayu II Kabupaten Malang

Main Author: Sigit Lego Wicaksono; Mahasiswa
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PLB/article/view/51618
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PLB/article/download/51618/0
Daftar Isi:
  • ABSTRACT Wicaksono, Sigit Lego. 2016. Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Mata Uang Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VI di SDLB Idayu II Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si (2) Drs. Usep Kustiawan, M. Sn. Kata kunci: Permainan Monopoli penjumlahan mata uang, tunagraita ringan, Hasil Belajar, MatematikaAnak tunagrahita ringan merupakan anak berkelainan mental, kemampuan intelektualnya berada di bawah rata-rata sehingga kemampuan berfikirnya rendah. Salah satunya kesulitan dalam mempelajari matematika penjumlahan mata uang, siswa mengalami lemah dalam daya ingatnya dan sukar berfikir abstrak sehingga membutuhkan permainan yang mendukung dalam pembelajaran. Salah satunya adalah permainan monopoli. Dengan menggunakan permainan monopoli siswa dapat melakukan kegiatan penjumlahan secara nyata dengan menggunakan uang mainan yang menyerupai uang asli.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan kemampuan penjumlahan mata uang peserta didik tunagrahita ringan kelas VI Di SDLB Idayu 02 Kabupaten Malang sebelum diterapkan permainan monopoli. 2) Untuk mendiskripsikan kemampuan penjumlahan mata uang peserta didik tunagrahita ringan kelas VI Di SDLB Idayu 02 Kabupeten Malang setelah diterapkan permainan monopoli. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan monopoli dalam penjumlahan mata uang pada anak tunagrahita ringan kelas VI Di SDLB Idayu 02 Kabupeten Malang.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian Pre Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas VI Tunagrahita di SDLB Idayu II Malang berjumlah 5 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini diawali dengan memberikan pre test terhadap siswa, memberikan treatment lalu diberikan post test. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes objektif berupa soal pilihan ganda. Uji hipotesis dengan menggunakan rumus wilcoxon.Hasil belajar mata pelajaran Matematika sebelum menggunakan permainan monopoli yakni siswa yang memperoleh nilai rata-rata 54. Hasil post-test mata pelajaran Matematika setelah menggunakan permainan monopoli yakni siswa yang memperoleh nilai rata-rata 80. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung(15) > Ttabel (1) maka H1 diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh permainan monopoli terhadap hasil belajar matematika penjumlahan mata uang pada siswa tunagrahita ringan kelas VI di SDLB Idayu II Kabupaten Malang. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan monopoli berpengaruh terhadap hasil belajar matematika penjumlahan mata uang pada anak tunagrahita ringan kelas VI di SDLB Idayu II Kabupeten Malang. Saran yang diberikan bagi guru diharapkan menerapkan permainan monopoli dalam pembelajaran matematika penjumlahan mata uang.