Peningkatan Hasil Belajar Matematika Realistik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Peserta Didik Tunagrahita Kelas VIIIC Di SMPLB Negeri Kedungkandang Kota Malang

Main Author: Desy Setyorini; Mahasiswa
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PLB/article/view/48800
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Setyorini, Desy. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Realistik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Peserta Didik Tunagrahita Kelas VIIIC Di SMPLB Negeri Kedungkandang Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Dra. Sudarsini, M.Pd, 2) Dra. Wiwik D.Hastuti, S.Pd, M.Pd, Kata Kunci : Hasil belajar matematika realistik, Model pembelajaran snowball throwing, Anak tunagarahita Tunagrahita merupakan suatu kondisi di mana intelegensinya berada di bawah rata-rata dan perkembangan kecerdasannya mengalami hambatan sehingga tidak mencapai tahap perkembangan yang optimal. Jika pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran konvensional, maka akan membuat siswa tunagrahita kesulitan dalam memahaminya. Model pembelajaran yang tepat adalah menggunakan snowball throwing yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pelaksanaan penyampaian model pembelajaran snowball thoriwng dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran matematika, 2) mendeskirpsikan aktivitas setelah diberikan model pembelajaran snowball throwing, 3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan desain PTK. Dilaksanakan dengan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi kegiatan anak, lembar aktivitas penilaian kegiatan guru. Analisis data yang digunakan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulannya yaitu pembelajaran Matematika Realsitik menggunakan model pembelajaran snowball throwing dalam 2 siklus dengan perencanaan yang telah disusun menggunakan cara-cara dalam penerapan model ini, yaitu siswa membuat soal dan menggulungnya membentuk bola, siswa melemparkan bola tersebut ke siswa lain, siswa menjawab soal yang telah dilemparkan oleh siswa yang lainnya. Proses peningkatan sebelum dan sesudah ada kegiatan percakapan melalui model pembelajaran snowball throwing diperoleh hasil belajar sebagai berikut: rata-rata nilai siswa pratindakan sebesar 52,5% dengan ketuntasan klasikal 20%, pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata nilai siswa 62,51% dengan ketuntasan klasikal 60, pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 87,19 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Saran yang dapat diajukan untuk guru adalah pada proses pembelajaran perlu mengembangkan model pembelajaran snowball throwing sesuai dengan kemampuan anak melalui kegiatan pembelajaran. Materi yang digunakan juga sebaiknya sesuai dengan kondisi yang nyata. Materi matematika lebih mudah dipahami dan siswa tidak merasa bosan pada saat pembelajaran di dalam kelas. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian model pembelajaran yang lain dengan kondisi nyata di lingkungan. ABSTRACT Setyorini, Desy. 2016. Increasing Realistic Mathematic Learning Outcomes with Applicatiom of Snowball Throwing Model for Students with Intellectual Disability in Eightht Class of SMPLB Negeri Kedungkandang, Malang City. Undergraduate Thesis. Special Education Department, Faculty of Education, State University of Malang. Advisors: 1) Dra. Sudarsini, M.Pd, 2) Dra.Wiwik D.Hastuti, M.Pd. Key Words : Snowball Throwing Learning Model, Realistic Mathematic Learning Outcomes, intellectual disability Intellectual disability is a condition in which intelligence is below average and the development of intelligence experience barriers so that it can not achieve optimally. If the mathematic lesson use a conventional learning, will make student with intellectual disability difficult in understanding. The Appropriate learning models used is snowball throwing related to daily activity. The purpose of this study were: to describe (1) the implementation of delivery of snowball throwing learning model in teaching and learning activities in mathematics, (2) activity after being given snowball throwing in learning model, (3) the learning outcome in mathematics. The design of this study was Class Action Research (PTK) with two cycles. The collection of data was observation and documentation. The research instrument used was students’ activities observation sheets, the teacher’s assessment activity sheet. Data analysis used was descriptive quantitative and qualitative. The conclusion is Realistic Mathematic Learning using snowball throwing learning model in two cycles with the planning that has been prepared using the methods in the application of this model, the students created questions and rolling it into balls, the students threw the ball for another student, students answered questions that have been cast by the other students. The upgrade process before and after no activity conversation through snowball throwing learning model acquired learning outcomes as follows: the average value of students' pre-action amounted was 52.5% with classical completeness 20%. In the first cycle experienced an average increase in student scores was 62.51 % with classical completeness of 60%. In the second cycle students' average score was 87,19% with classical completeness of 100%. In the learning process, the teachers is suggested to develop learning models snowball throwing accordance with the ability of children through learning activities. The material used should also correspond to real conditions. In order for the material more easily understood math and students do not get bored during the learning in the classroom. For other researchers should for learning model which other it is related to the students daily life.