KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK RINGKAS BERFOKUS SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA
Main Author: | Verdiana Agustin Anora; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/BK-Psikologi/article/view/41356 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/BK-Psikologi/article/download/41356/23740 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Disiplin belajar merupakan kemampuan siswa dalam mengendalikan diri untuk bertanggung jawab pada kegiatan belajar, baik disekolah maupun dirumah. Pada kenyataannya tidak semua siswa berperilaku disiplin dalam belajar, banyak siswa yang memiliki disiplin belajar rendah. Untuk meningkatkan disiplin belajar siswa,sering dilakukan melalui pemberian hukuman. Hukuman tidak selalu efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa.Untuk menghindari hal tersebut, maka perlu upaya dalam meningkatkan disiplin belajar siswa dengan menciptakan pemikiran siswa untuk bertanggung jawab terhadap perilaku belajarnya. Salah satu upaya tersebut adalah pemberian konseling kelompok ringkas berfokus solusi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok ringkas berfokus solusi dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Rembang Pasuruan. Penelitian ini menggunakan one-grouppretest-posttest design. Observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum perlakuan yang disebut pretest dan sesudah perlakuan yang disebut posttest. Hasil pretest dan posttest dilihat dari peningkatan skor pada skala disiplin belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik inferensial non parametrik dengan uji beda two releated test wilcoxon untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan nilai probability error 0.028 (p = 0.028 < 0.05), dengan demikian H0 ditolak dan terbukti bahwa terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest pada siswa yang diberikan treatment. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat diambil kesimpulan bahwa konseling kelompok ringkas berfokus solusi dapat meningkatkan disiplin belajar siswa secara efektif. Berdasarkan hasil tersebut, maka disarankan pada: (1) konselor untuk menggunakan konseling kelompok ringkas berfokus solusi sebagai salah satu pendekatan dalam memberikan layanan konseling. (2) peneliti selanjutnya, penelitian ini terbatas pada beberapa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rembang, sehingga diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dalam skala subjek yang lebih besar dan lebih luas agar treatment yang diberikan lebih bermanfaat dan tepat sasaran serta mampu mengendalikan perilaku disiplin belajar siswa dengan lebih baik.