Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Layanan Informasi Pubertas Remaja di SMP Laboratorium UM
Main Author: | Galuh Mahanani; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/BK-Psikologi/article/view/27742 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mahanani, Galuh. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Layanan Informasi Pubertas Remaja di SMP Laboratorium UM. Media. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd, (II) Dr. Muslihati, S.Ag, M.Pd. Kata kunci: multimedia interaktif, layanan informasi, pubertas, siswa SMP. Salah satu problem remaja saat ini adalah masalah yang dialami akibat penyikapan remaja terhadap masa puber yang kurang tepat. Pembicaraan masalah seks masih dianggap tabu, hal tersebut membuat remaja enggan untuk berdiskusi tentang perkembangan seksualnya kepada orangtua dan anggota keluarga yang lainnya. Sementara, informasi yang benar mengenai seks masih sangat terbatas. Sehingga remaja bereksperimen sendiri untuk mencari jawaban. Tidak sedikit situs-situs baik dari media cetak maupun media elektronik yang menyajikan kenikmatan seks yang berisiko tinggi. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk multimedia interaktif pubertas remaja di SMP yang berguna, layak, tepat, dan menarik. Media interaktif diharapkan dapat membantu siswa membentuk sikap yang sehat, baik untuk emosional dan perilakunya, serta membimbing ke arah hidup dewasa yang sehat dan bertanggung jawab terhadap perubahan yang dialaminya pada masa puber. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa Multimedia Interaktif Pubertas Remaja dengan materi dunia remaja, pubertas, masalah yang mungkin terjadi pada masa puber, dan remaja hebat, yang dilengkapi dengan buku panduan untuk konselor. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkat-langkah pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas tahap perencanaan, pengembangan produk, dan uji coba. Subjek uji ahli adalah dua ahli bimbingan dan konseling dan satu ahli media pembelajaran. Subjek uji kelompok kecil adalah 10 orang siswa kelas VII SMP Laboratorium UM. Data yang diperoleh adalah kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan data hasil analisis. Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan uji ahli BK menunjukkan rata-rata 3.56, ahli media pembelajaran menunjukkan rata-rata 3.8, uji kelompok kecil menunjukkan 3.4. Berdasarkan hasil uji ahli dan kelompok kecil tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif layanan informasi pubertas remaja di SMP Laboratorium UM telah memenuhi kriteria keberterimaan (akseptabilitas) dan dapat digunakan untuk memberikan layanan informasi pubertas remaja. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang diberikan adalah: (1) Konselor diharapkan dapat menggunakan media ini dalam pemberian layanan informasi, (2) adanya penelitian lebih lanjut untuk menguji efektifitas penggunaan media layanan informasi pubertas remaja terhadap pemahaman siswa atau penelitian tindakan dalam bimbingan.