PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 4 MALANG
Main Author: | M Imam Nahrowi; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Perpustakaan/article/view/53067 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT Nahrowi, M Imam. 2016. Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nurchasanah, Dr., M.Pd (II) Moh. Safii, S.Kom., M.Hum Kata kunci: Standar Operasional Prosedur, perpustakaan SMK Negeri 4 MalangStandar Operasional Prosedur (SOP) adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas dan proses yang dilakukan oleh orang-orang di dalam organisasi berjalan secara efektif, efisien, konsisten, standar, dan sistematis.Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP), manfaat penerapan SOP di perpustakaan, dan kendala yang dihadapi perpustakaan SMK Negeri 4 Malang dalam menerapkan SOP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Data berupa penerapan SOP, manfaat penerapan SOP, dan kendala yang dihadapi perpustakaan SMK Negeri 4 Malang dalam menerapkan SOP. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Responden dalam pengumpulan data ini adalah koordinator perpustakaan dan staf perpustakaan. Berdasar hasil penelitian, perpustakaan SMK Negeri 4 Malang menerapkan SOP dengan acuan SMM ISO 9001:2008. Dalam penerapannya menggunakan sistem sosialisasi. Sosialisasi kepada siswa dilaksanakan pada saat MOS dan sosialisasi dilaksanakan pada saat pertemuan khusus. SOP yang diterapkan di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang yaitu SOP layanan berkunjung, SOP layanan peminjaman individu dan kolektif, SOP layanan pengembalian individu dan kolektif, SOP layanan pengadaan, SOP layanan pengolahan dan layanan pelestarian. Manfaat penerapan SOP di perpustakaan SMK Negeri 4 malang yaitu SOP sebagai sarana mengomunikasikan pekerjaan, SOP sebagai penyimpan informasi, SOP sebagai acuan dalam melakukan penilaian terhadap proses pekerjaan, SOP sebagai sarana pelatihan bagi staf baru, SOP sebagai pengendali apabila terjadi perubahan sistem di perpustakaan, dan SOP sebagai sarana dokumentasi. Kendala yang dialami dalam penerapan yaitu terkait dengan siswa yang tidak disiplin, kebijakan kepala sekolah tidak sesuai SOP, dan jumlah SDM yang kurang.