Layanan Serial di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang
Main Author: | Cici Ria Dewi; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Tugas Akhir Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Perpustakaan/article/view/26988 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Dewi, Cici Ria. 2013. Layanan Serial di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Tugas Akhir, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd, (II) Drs. Darmono, M.Si. Kata Kunci: layanan serial, serial, UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang Layanan serial adalah layanan untuk koleksi terbitan berseri. Layanan serial memiliki tugas penting dalam hal menyajikan informasi terbaru dari berbagai bidang pengetahuan kepada pengguna. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mendeskripsikan empat hal, yaitu: (1) gambaran umum layanan serial, (2) aktivitas yang dilakukan pada layanan serial, (3) masalah yang terdapat pada layanan serial, serta (4) upaya untuk mengatasi masalah yang terdapat pada layanan serial UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Penulisan tugas akhir ini didasarkan pada Praktik Kerja Lapangan yang telah dilakukan penulis mulai tanggal 7 Januari 2013 sampai dengan tanggal 28 Februari 2013 di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Data diambil dari hasil laporan Praktik Kerja Lapangan, observasi serta wawancara kepada pustakawan layanan serial. Analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data. Data yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi data hasil observasi berperan serta dan wawancara. Dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh penulis, ada beberapa hal yang dapat dipaparkan dalam tugas akhir ini, yaitu: (1) layanan serial pada UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang menggunakan sistem terbuka, termasuk dalam bagian ini adalah layanan koran, layanan majalah, majalah ilmiah, layanan jurnal, dan layanan jurnal CD-ROM; (2) kegiatan pada layanan serial cukup beragam, antara lain membuat entri katalog majalah, membuat indeks artikel majalah, membantu pengguna mencari koleksi serial, menjilid majalah/jurnal, membuat indeks artikel surat kabar, membuat indeks jurnal, serta shelving; (3) masalah yang terdapat pada layanan serial dapat dibedakan menjadi masalah dalam hal pustakawan, koleksi, serta sarana prasarana. Dari segi pustakawan, dapat dilihat pada kesiapan pustakawan dalam membantu pengguna mencari koleksi yang dibutuhkan. Dalam hal koleksi, koleksi jurnal nasional dan internasional dalam bentuk hardcopy masih perlu dilengkapi lagi karena tidak semua koleksi disajikan dalam bentuk online atau softcopy, untuk sarana prasarana kegiatan pengoperasian pada layanan serial kurang optimal karena komputer yang tersedia masih menggunakan versi yang lama. (4) upaya untuk mengatasi masalah yang terdapat pada layanan serial antara lain selain jurnal dalam bentuk digital, jurnal dalam bentuk tercetak juga perlu dilengkapi. Dari segi pustakawan, mereka harus lebih sigap dalam melayani kebutuhan pengguna dan untuk e-journal, hendaknya perlu dilakukan sosialisasi tentang penggunaan dan promosi harus lebih intensif.