Hubungan Fasilitas dan Layanan Perpustakaan dengan Motivasi Belajar Siswa di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang

Main Author: M. Nahrowi; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Skripsi Prodi Perpustakaan - Fakultas Sastra , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/SIP/article/view/75118
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nahrowi, M. 2018. Hubungan Fasilitas dan Layanan Perpustakaan dengan Motivasi Belajar Siswa di Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang. Skripsi, Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd (II) Drs. Darmono, M.Si Kata kunci : fasilitas, layanan, motivasi belajar. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana wajib di lingkungan sekolah sebagai penunjang peningkatan kualitas pendidikan. Perpustakaan juga berperan sebagai wadah untuk mencari referensi yang mendukung dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas dan layanan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel, yakni fasilitas dan layanan perpustakaan sebagai variabel bebas dan motivasi belajar siswa di perpustakaan sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian diperoleh dari pilihan jawaban dalam angket yang dikonversikan dalam bentuk skor. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian ini ada enam, yakni (1) fasilitas perpustakaan SMK Negeri 4 Malang dalam kategori tinggi dengan jumlah persentase 42%, (2) layanan perpustakaan SMK Negeri 4 Malang dalam kategori tinggi dengan persentase 43%, (3) motivasi belajar siswa di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang dalam kategori cukup dengan persentase 42%, (4) hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara fasilitas perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang, dengan nilai korelasi sebesar 0,545 yang berarti korelasinya sedang, (5) ada hubungan yang signifikan antara layanan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang, dengan nilai korelasi sebesar 0,663 yang berarti korelasinya kuat, dan (6) ada hubungan yang signifikan antara fasilitas dan layanan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang, dengan nilai korelasi 0,708 yang berarti korelasinya kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, fasilitas perpustakaan SMK Negeri 4 Malang dalam kategori tinggi, hal tersebut dikarenakan fasilitas perpustakaan SMK Negeri 4 Malang memiliki keunggulan dalam kondisi tata ruang dan kondisi peralatan dan perlengkapan. Kedua, layanan perpustakaan SMK Negeri 4 Malang dalam kategori tinggi. Hal tersebut dikarenakan layanan perpustakaan SMK Negeri 4 Malang memiliki keunggulan mengenai ketegasan dalam pemberian sanksi dan kemampuan pustakawan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka. Ketiga, motivasi belajar siswa di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang dalam kategori tinggi. Hal tersebut dikarenakan layanan perpustakaan SMK Negeri 4 Malang memiliki keunggulan mengenai kenyamanan belajar dan ketersediaan koleksi bahan pustaka. Keempat, ada hubungan yang signifikan antara fasilitas perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang. Kelima, ada hubungan yang signifikan antara layanan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang. Terakhir, ada hubungan yang signifikan antara fasilitas dan layanan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang. Saran dalam penelitian sebagai berikut. Pertama, meningkatkan fasilitas perpustakaan dengan memperbaiki dan mengatur ulang ventilasi udara di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang agar siswa merasa nyaman di perpustakaan. Kemudian kondisi peralatan dan perlengkapan di perpustakaan juga perlu di perhatikan. Mengingat pentingnya peralatan dan perlengkapan yang digunakan secara terus menerus. Kedua, diharapkan perpustakaan SMK Negeri 4 Malang meningkatkan kelengkapan koleksi dan mengganti koleksi yang sudah usang dengan koleksi yang baru. Tidak hanya itu, koleksi lain seperti buku pelajaran sebaiknya juga disesuaikan dengan kurikulum sekolah. Hal tersebut bertujuan untuk menarik minat siswa serta seluruh warga sekolah untuk lebih sering berkunjung ke perpustakaan mengingat perpustakaan merupakan pusat sumber belajar di sekolah. Terakhir, diharapkan perpustakaan SMK Negeri 4 Malang sering mengadakan acara sosialisasi untuk memberikan pengetahuan mengenai pemanfaatan fasilitas dan layanan perpustakaan. Dari kegiatan tersebut diharapkan agar siswa lebih termotivasi untuk belajar di perpustakaan.