Hubungan antara Peranan Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran dengan Keefektifan Sekolah pada SMA Negeri di Wilayah Kota Surabaya
Main Author: | Soeparno Soeparno; Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Salladien, (II) Prof. Dr. Willem Mantja |
---|---|
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/934 |
Daftar Isi:
- Terdapat tiga hal penting dalam peranan kepala sekolah, yaitu kepala sekolah merupakan posisi strategis, keberhasilan kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah bergantung kepada peranan kepemimpinan pembelajarannya, dan seorang kepala sekolah selaku pemimpin pembelajaran menjadi pusat perhatian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peranan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dengan keefektifan sekolah pada SMA Negeri di wilayah kota Surabaya. Metode penelitian ini termasuk jenis kategori jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi adalah seluruh Kepala Sekolah SMA Negeri di wilayah kota Surabaya. Teknik pengumpulan data adalah angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi parsvial. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara peranan kepala sekolah sebagai penyedia sumber dengan keefektifan sekolah; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara peranan kepala sekolah sebagai sumber pembelajaran dengan keefektifan sekolah, (3) terdapat hubungan yang signifikan pada peranan kepala sekolah sebagai komunikator dengan keefektifan sekolah; dan (4) terdapat hubungan yang signifikan pada peranan kepala sekolah sebagai kehadirannya sendiri secara langsung dengan keefektifan sekolah, dan (5) terdapat hubungan yang signifikan pada peranan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dengan keefektifan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, maka dapatlah dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) bagi pengambil kebijakan di tingkat Kantor Dinas Pendidikan dan pengawas sekolah (supervisor), hasil penelitian ini telah memberikan informasi mengenai ada hubungan yang signifikan antara keadaan peranan kepala sekolah dengan keefektifan sekolah. Dengan demikian untuk mewujudkan sekolah yang efektif di lingkungan pendidikan di wilayah kota Surabaya, perlu dilakukan pembinaan yang efektif terhadap para kepala sekolah SMA Negeri di wilayah kota Malang secara kontinyu melalui pembinaan, pengawasan, peningkatan profesionalisme kepala sekolah dan melalui diklat-diklat yang relevan; (2) bagi para kepala sekolah SMA Negeri di wilayah kota Surabaya bahwa dalam melaksanakan tugasnya di wilayah sekolah yang menjadi wewenangnya benar-benar mempertimbangkan pola peranan dalam konteks sebagai pemimpim pembelajaran dalam rangka meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan profesi guru, sehingga dampaknya akan sangat berarti bagi para guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya di sekolah sebagai upaya untuk mewujudkan sekolah yang efektif sesuai dengan yang diharapkan; (3) bagi para guru di SMA Negeri di wilayah Kota Surabaya sebaiknya terus meningkatkan kemampuan dan keterampilannya agar lebih profesional dan memperhatikan serta melaksanakan arahan Kepala Sekolah dalam memberikan bantuannya melalui pendekatan-pendekatan peranannya sebagai pemimpin pembelajaran yang dilaksanakan secara rutin dan periodik dalam rangka mewujudkan sekolah yang efektif; (3) dalam meningkatkan kualitas kinerja guru, sebaiknya para pejabat struktural di Lingkungan Dinas Pendidikan kota Surabaya tidak bosan-bosannya terus melakukan pembinaan, baik kepada kepala sekolah maupun kepada para guru di Sekolah Menengah Umum baik negeri maupun swasta, agar mereka benar-benar dapat melakukan pertumbuhan dalam jabatannya sesuai tuntutan profesi mereka dalam rangka mewujudkan sekolah yang efektif sesuai dengan harapan semua unsur yang terlibat di lingkungan lembaga pendidikan di wilayah kerja Dinas Pendidikan di kota Surabaya; dan (4) peneliti lain yang berminat untuk meneliti masalah yang sama dengan penelitian ini, disarankan untuk meneliti dengan ruang lingkup yang lebih luas dan responden yang lebih banyak serta jenjang sekolah yang lebih bervariatif dengan mengkorelasikan dengan variabel lainnya yang mungkin terkait dengan peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam rangka mewujudkan sekolah yang efektif.