Daftar Isi:
  • Guna mengaplikasikan pembelajaran sains yang berkualitas di sekolah dasar, diperlukan adanya sumber belajar yang memadai, baik dari segi kualitas, maupun kuantitas. Upaya untuk merancang dan mengembangkan bahan ajar sains dengan model Dick & Carey yang dilengkapi dengan panduan siswa dan panduan guru menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas V SDN poto . Hasil yang diperoleh dari review ahli isi dan ahli desain menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan bahan ajar sains tidak perlu direvisi.Hasil ujicoba perorangan dalam bahan ajar, dan panduan siswa, perlu revisi pengetikan dan tata tulis. Hasil analisis data uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa bahan ajar, panduan siswa, dan panduan guru walaupun masih ada revisi, akan tetapi secara keseluruhan berada pada kategori baik dan sangat baik. Hasil uji efektifitas bahan ajar dianalisis dengan menggunakan uji stastistik T-test Paired Two Sample for Means didapatkan nilai thitung = ± 9,348 dan signifikansi = 0,000. Dengan demikian diambil keputusan untuk menolak hipotesis nihil dan menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar model Dick & Carey.