Pengembangan Buku Siswa dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Topik Garis dan Sudut Di SMP

Main Author: Indah Setyo Wardhani; Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja, M.Ed., Ph.D (II) Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/873
Daftar Isi:
  • Banyak orang mengatakan “Mutu pendidikan Indonesia”, terutama dalam mata pelajaran matematika, masih rendah. Matematika selalu diidentikkan sebagai momok yang sangat menakutkan dan memusingkan kepala. Menanggapi fenomena tentang kesulitan matematika tersebut, maka perlu diadakannya beberapa perubahan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran matematika selama ini. Salah satunya yaitu dengan menerapkan KTSP (Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan) sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya. Seiring dengan diberlakukannya KTSP yang merupakan bentuk terbaru dari pengembangan dan penyempurnaan kurikulum di Indonesia, pengamat pendidikan semakin gencar berupaya menggairahkan kembali dunia pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan proses pembelajaran matematika. Dalam rangka ikut menerapkan KTSP, pengembang ingin mengembangkan suatu produk pembelajaran yang berupa buku siswa dengan pendekatan PMR. Produk pembelajaran yang tersusun, diharapkan dapat digunakan sebagai sarana dalam pembelajaran yang dapat mendorong dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara mandiri tanpa tergantung pada guru. Tujuan yang hendak dicapai melalui pengembangan ini adalah tersusunnya buku siswa yang menggunakan pendekatan PMR pada topik garis dan sudut di SMP. Manfaat yang diharapkan dari buku siswa secara khusus adalah sebagai berikut: 1). Menjadi masukan bagi guru atau calon guru dalam menyusun suatu buku siswa dengan pendekatan PMR. 2). Memberikan kemudahan bagi para guru dalam menyampaikan materi di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas khususnya materi topik garis dan sudut. 3) Memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar secara aktif dan mandiri. 4)Memberikan sumbangan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Pengembangan buku siswa yang menggunakan pendekatan PMR pada topik garis dan sudut di SMP ini menggunakan langkah-langkah yang dikembangkan Suhartono. Langkah-langkah pokok pengembangan menurut Suhartono ada 4 yaitu sebagai berikut. 1) Tahap analisis situasi. 2) Tahap pengembangan rancangan buku siswa. 3) Tahap pengembangan buku siswa. 4) Tahap penilaian buku siswa. Hasil pengembangan buku siswa berupa draf buku siswa yang dapat digunakan untuk siswa dalam proses pembelajaran khususnya dalam topik garis dan sudut. Dalam uji ahli, buku siswa yang dikembangkan oleh penulis tidak perlu adanya revisi. Tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan pada evaluasi pertama mencapai 78,63%. Artinya siswa yang mencapai ketuntasan belajar sekitar 88,57%. Pada evaluasi kedua tingkat keberhasilan uji coba lapangan mencapai 79,96%. Artinya siswa yang mencapai ketuntasan belajar sekitar 95%. Buku siswa dengan pendekatan PMR ini mempunyai beberapa kelebihan, antara lain: 1) menurut subjek ahli, buku siswa pembelajaran ini telah mengacu pada KTSP; 2) menurut subjek ahli, buku siswa pembelajaran ini memiliki tampilan gambar yang menarik; 3) dengan buku siswa pembelajaran ini siswa diprediksi menjadi aktif dalam mengkontruksi pengetahuannya tentang topik garis. Buku siswa pembelajaran ini telah dinilai oleh subjek. Tanggapan, saran, dan kritik dari mereka digunakan untuk merevisi dan menyempurnakan buku siswa pembelajaran ini sehingga produk pembelajaran ini menjadi lebih baik.