Peningkatan Kemampuan Menulis Recount Siswa Kelas Dua MTsN Malang I dengan Menggunakan Gambar Seri
Main Author: | Feri Jumawan; Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. H. Mohammad Adnan Latief, M.A.,Ph.D. (2) Dr. Hj. Arwijati Murdibjono, M.Pd, DipTESL |
---|---|
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/860 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pengalaman peneliti dalam mengajar bahasa Inggris dan studi awal yang dilakukan, kemampuan siswa kelas dua MTsN Malang I dalam menulis paragraf masih belum memuaskan. Mereka tidak mampu mengekspresikan ide mereka dalam sebuah paragraf yang baik. Mereka masih membuat kesalahan dalam menulis yang berkenaan dengan organisasi, pengunaan bahasa dan mekanis. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mengusulkan salah satu strategi yang sesuai dalam mengajarkan menulis recount dengan menggunakan gambar seri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis recount dengan menggunakan gambar seri yang menerapkan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Dimana baik peneliti maupun kolaborator bekerja sama dalam perencanaan, pelaksanaan, pengamatan tindakan dan refleksi data yang diperoleh selama kegiatan proses belajar mengajar dan hasil tulisan siswa. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas 8 B yang berjumlah 29 orang pada MTsN Malang I tahun ajaran 2008/2009 Provinsi Jawa Timur. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Terbukti bahwa penggunaan gambar seri telah meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis recount. Adapun tahapannya adalah (1) guru memberikan gambar seri kepada setiap kelompok siswa yang terdiri dari empat orang, (2) guru meminta siswa mencari kata-kata atau nama-nama objek dalam gambar seri. (3) guru mengajarkan siswa tentang Simple Past Tense dengan cara meminta siswa membuat kalimat secara lisan berdasarkan gambar seri. (4) guru meminta siswa menemukan ide pada gambar seri. Berdasarkan temuan di atas, disarankan: (1) untuk mengembangkan strategi guru dalam menerapkan gambar seri, disarankan agar guru mensosialisasikannya dalam pertemuan guru, workshop, pelatihan atau menulis atikel yang menggunakan strategi gambar seri dalam buku-buku siswa, (2) agar siswa menggunakan gambar seri sebagai strategi belajar untuk melatih kemampuan mereka dalam menulis recount yang dapat dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler, (3) bagi peneliti yang akan datang disarankan agar dapat melakukan studi yang serupa dengan subjek dan tempat yang berbeda untuk peningkatan mengajar menulis recount.