Implementing OKRR (Overview, Key Ideas, Read, Review) Strategy in Teaching Reading to Improve the Students’ Reading Comprehension at SMPN 2 Giligenting- Sumenep

Main Author: Eva K. N.; Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, PPS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Arwijati Murdibjono, M.Pd., Dip. TESL, (2) Dr. Monica Djoehana D. Oka, M.A.
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/858
Daftar Isi:
  • Pengamatan awal menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 2 Giligenting-Sumenep tidak tertarik terhadap pembelajaran membaca pemahaman. Berdasarkan pada hasil pengamatan selama proses pembelajaran reading comprehension. Penguasaan membaca pemahaman dan kecepatan membaca mereka rendah. Bahkan untuk memahami bacaan pendek sekalipun mereka memerlukan waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemapuan membaca siswa agar dapat memahami bacaan dengan tepat dan dalam waktu yang cepat. Hal ini dapat diupayakan dengan menerapkan strategi OKRR (overview, key ideas, read, review) dalam proses pembelajaran membaca pemahaman. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah penerapan strategi OKRR di pembelajaran membaca pemahaman dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan kolaborator. Peneliti bertindak sebagai guru pelaksana sedangkan kolaborator bertindak sebagai pengamat. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus dan masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun akademik 2006/2007 yang terdiri dari 22 siswa. Selama penerapan strategi, siswa diberi beberapa tugas berdasarkan langkah-langkah strategi guna meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Siswa diberi tugas untuk membaca sekilas teks guna menemukan ide kunci, membaca teks dengan cermat untuk menemukan informasi tersurat, informasi rinci, dan informasi tersirat. Sumber data diperoleh selama proses penerapan strategi OKRR. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui pelaksanaan beberapa aktivitas, yaitu: observasi, melakukan pencatatan lapangan, dan menganalisa hasil kuis. Berdasarkan observasi selama proses pembelajaran, dapat diketahui bahwa penggunaan materi ajar (teks) yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa dan penggunaan media yang menaruk dan bervariasi dapat meningkatkan: (1) kemampuan, (2) keaktifan, dan (3) kecepatan membaca siswa dalam memahami materi ajar. Dari penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa pada siklus terakhir, prosedur strategi OKRR adalah sebagai berikut: (1) membaca sekilas teks (untuk menemukan ide pokok bacaan), (2) menuliskan ide pokok bacaan, (3) membaca teks (untuk membuat tiga pertanyaan berdasarkan iisi teks), dan (4) membaca teks dengan cermat untuk menemukan jawaban pertanyaan kelompok lain). Berdasarkan hasil penelitian, dengan menerapkan strategi OKRR, siswa menjadi lebih aktif, kemampuan membaca pemahaman mereka meningkat, dan rata-rata kecepatan membaca mereka lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan dengan sebelum penerapan strategi, yaitu dari 60 w.p.m menjadi 121 w.p.m Dianjurkan kepada guru Bahasa Inggris untuk menerapkan strategi OKRR sebagai strategi model atau alternatif dalam proses pembelajaran membaca pemahaman. Selain itu juga dianjurkan kepada peneliti yang lain untuk melaksanakan penelitian serupa dengan bidang kemampuan yang berbeda (Writing, Speaking, atau Listening), kelas yang berbeda (VII atau IX), dan tingkat pendidikan yang berbeda (SMA) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.