Developing English Syllabus for the Students of Information Technology Department at Kanjuruhan University in Malang
Main Author: | Agus Sholeh; Graduate Program in English Language Education, the State University of Malang. Advisors: (I) Prof. M. Adnan Latief, M.A., Ph.D. (II) Dr. Arwijati Wahyudi, M.Pd., Dip.TESL. |
---|---|
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/832 |
Daftar Isi:
- Pengembangan silabus bahasa Inggris untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika sangat penting karena belum ada silabus yang didisain khusus untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan silabus yang dipakai pada saat ini belum sesuai dalam hal kejelasan, pragmatik dan efisisensi pembelajaran. Konsekuensinya, silabus yang didesain berbeda setiap semester perlu direvisi dan dikembangkan lagi. Oleh karena itu jurusan Teknologi Informatika memerlukan silabus dengan tujuan khusus yang memungkinkan mahasiswa untuk memahami teks berbahasa Inggris dan berbicara dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan bidang yang mereka pelajari yang dikenal sebagai ESP (English for Specific Purpose). Tidak adanya silabus yang di desain khusus berdasarkan kebutuhan mahasiswa jurusan Teknologi Informatika menjadi alasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian dan mendisain silabus yang memenuhi kebutuhan mahasiswa tersebut. Karena mahasiswa Jurusan Teknologi Informatika membutuhkan keterampilan berbicara dan membaca dalam bahasa Inggris, maka perlu dikembangkan silabus untuk kedua keterampilan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “tidak adanya silabus yang di desain khusus berdasarkan kebutuhan mahasiswa jurusan Teknologi Informatika di Universitas Kanjuruhan Malang. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian dan Pengembangan dengan prosedur pengembangan program bahasa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April, Mei dan Juni 2007 dengan melibatkan mahasiswa, alumni dan dosen bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini, silabus dikembangkan dengan menggunakan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan yang melalui 8 tahapan: (1) pelaksanaan survei, (2) penetapan tujuan pembelajaran, (3) pemilihan bentuk silabus, (4) penulisan proto silabus, (5) penulisan silabus pedagogis, (6) verifikasi dengan ahli, (7) try out, dan (8) revisi. Produk penelitian ini berupa silabus bahasa Inggris untuk keterampilan berbicara dan membaca dilengkapi dengan beberapa contoh materi dan rencana pembelajaran. Silabus terdiri atas kompetensi standar, topik, kompetensi dasar, indikator, kegiatan belajar mengajar, metode dan media, penilaian, alokasi waktu dan sumber materi. Silabus yang diusulkan terdiri atas 16 topik meliputi 8 topik untuk speaking dan 8 topik untuk reading. Metode pembelajaran diseleksi untuk memotivasi mahasiswa untuk berbicara antara lain tanya jawab, latihan, bermain peran, ceramah, pengulangan, kerja kelompok dan presentasi. Metode untuk membaca adalah ceramah, diskusi kelas, dan kerja kelompok. Sedangkan media yang digunakan adalah buku teks, papan tulis, projector, dan ruang multi media. Karena proses belajar mengajar bahasa Inggris di jurusan Teknologi Informatika terbatas pada dua semester, maka disarankan kepada lembaga untuk menggunakan silabus ini sebagai panduan untuk mengembangkan materi pengajaran yang memenuhi kebutuhan mahasiswa. Institusi diharapkan menambah fasilitas belajar bahasa Inggris untuk mahasiswa seperti laboratorium bahasa multi media khusus untuk mahasiswa jurusan Teknologi Informatika, menambah jumlah buku berbahasa Inggris dan kamus.institusi juga di harap menambah jumlah alokasi waktu dalam semester dan jumlah pertemuan mingguan. Universitas Kanjuruhan diharapkan juga memperhatikan kualitas mahasiswa yang masuk dengan membuat standard kemampuan dan nilai kelulusan untuk semua materi yang diujikan termasuk Bahasa Inggris sehingga ada keseimbangan nilai dalam pengajaran dan belajar.