Kontribusi Supervisi Pengajaran, Pengembangan Profesional Guru, dan Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Se-Malang Raya. (Tesis)

Main Author: Istiqomah Istiqomah
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/1418
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai variabel baik yang langsung berkaitan dengan kegiatan pengajaran maupun di luar kegiatan pengajaran.. Salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah kinerja guru yang langsung berinteraksi dengan para siswa. Kinerja guru pun dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain supervisi pengajaran yang dilakukan pengawas serta pengembangan profesional guru yang diikuti oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (b) supervisi pengajaran yang dilakukan pengawas terhadap guru Bahasa Indonesia, (c) pengembangan profesional guru Bahasa Indonesia, (d) kinerja guru Bahasa Indonesia, (e) kotribusi langsung dan signifikan supervisi pengajaran terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia, (f) kontribusi langsung dan signifikan pengembangan profesional guru terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia, (g) kontribusi langsung dan signifikan supervisi pengajaran dan pengembangan profesional guru secara langsung dan simultan terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia, (h) kontribusi langsung kinerja guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (i) kontribusi tidak langsung supervisi pengajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui kinerja guru, (j) kontribusi tidak langsung pengembangan profesional guru terhadap terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui kinerja guru, (k) besarnya kontribusi supervisi pengajaran terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia, (l) besarnya kontribusi pengembangan profesional guru terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia, (m) besarnya kontribusi kontribusi supervisi pengajaran dan pengembangan profesional guru secara bersama atau simultan terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (n) besarnya kontribusi kinerja guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (o) besarnya kontribusi supervisi pengajaran pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui kinerja guru, (p) besarnya kontribusi pengembangan profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri se-Malang Raya melalui kinerja guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuan-titatif dengan jenis penelitian survey karena seluruh populasinya dijadikan sampel. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional karena berusaha menemukan hubungan sebab-akibat antarvariabel penelitian. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 101 orang guru yakni guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri se-Malang Raya yang berstatus PNS. Model analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Variabel exogenous pada hubungan blok I adalah supervisi pengajaran dan pengembangan profesional guru dan variabel endogenousnya adalah kinerja guru. Pada hubungan blok II variabel exogenousnya adalah kinerja guru, sedangkan variabel endogenousnya adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) hasil belajar siswa dalam bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri se-Malang Raya termasuk tinggi, (b) supervisi pengajaran yang dilakukan pengawas terhadap guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri se-Malang Raya termasuk sangat intensif; (c) pengembangan profesional guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri se-Malang Raya sangat intensif; (d) kinerja guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri se-Malang Raya sangat tinggi; (e) supervisi pengajaran yang dilakukan pengawas terhadap guru Bahasa Indonesia terbukti berkontribusi secara langsung dan signifikan terhadap kinerja guru, (f) pengembangan profesional guru berkontribusi secara langsung dan signifikan antara terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia, (g) supervisi pengajaran dan pengembangan profesional guru berkontribusi secara langsung dan simultan terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia, (h) kinerja guru berpengaruh langsung dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (i) supervisi pengajaran berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui kinerja guru, (j) pegembangan profesional guru berkontribusi secara tidak langsung terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri se-Malang Raya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui kinerja guru, (k) besarnya kontribusi supervisi pengajaran terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia adalah 29.8%, (l) besarnya kontribusi pengembangan profesional guru terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia adalah 34.6%, (m) besarnya kontribusi supervisi pengajaran dan pengembangan profesional guru secara bersama atau simultan terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia adalah 26.9%, (n) besarnya kontribusi kinerja guru bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 66.8%, (o) besarnya kontribusi supervisi pengajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui kinerja guru adalah 23.1%, (p) besarnya kontribusi pengembangan profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui kinerja guru adalah 19.9%. Implikasi temuan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kinerja guru. Peningkatan kinerja guru dapat ditingkatkan melalui berbagai tindakan antara lain melalui peningkatan kualitas dan kuantitas supervisi pengajaran dan pengembangan profesional guru melalui pelatihan, workshop, seminar, pengembangan kemampuan menulis yang dilakukan secara bersama baik oleh Dinas Pendidikan, sekolah, organisasi profesi guru terutama PGRI, dan Balai Bahasa.