PENGEMBANGAN PROTOTIPE SOFTWARE ENSIKLOPEDIA MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Author: Muhammad Noval, dkk
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/pkm/article/view/2191
Daftar Isi:
  • RINGKASAN LAPORAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA PENGEMBANGAN PROTOTIPE SOFTWARE ENSIKLOPEDIA MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BIDANG KEGIATAN : PKM PENERAPAN TEKNOLOGI Diusulkan Oleh: Muhammad Noval (106311400716) ANGGKATAN 2006 Wuli Oktiningrum (106311400728) ANGGKATAN 2006 Angga Kurniawan (106321400553) ANGGKATAN 2006 UNIVERSITAS NEGERI MALANG MALANG 2008 DEVELOPED OF PROTOTIPE SOFTWARE ENCYKLOPEDIA MATHEMATIC JUNIOR HIGH SCHOOL Moh. Noval, Wuli Oktiningrum dan Angga Kurniawan Mathematic Departemen, S1 Mathematic Education Faculty of Mathematic and Sains, State University Of Malang ABSTRACT Mathematics usually becomes a scarring lesson for students. New words, unclear definition, and wrong description of abstract concepts which is sometimes difficult to be understood by the student, especially student in Junior High School, is the problem in learning mathematics. Mathematics encyclopedia software can be one of the Medias and reference in learning mathematics. The goal of this paper is to develop the prototype of mathematic encyclopedia software which can be used integrative in process of learning mathematic. Teacher can used this software as a Medias in learning mathematics in Junior High School. Not only teacher who can be use this software, but the students also can use this software individually to learn some mathematics material directly. The developed of this software programme is uses a procedural developing model which is descriptive. The developing model contains some terms, they are: (1) trial the prototype software in students of Junior High School, (2) developed the prototype software programme, (3) the application of software production, (4) revision term, and (5) software packing term. The result of this developing is a Junior High School's mathematics encyclopedia software which is can be use in learning mathematic process in class or use as refference in study. Keywords: developed, prototype, software, encyclopedia. PENGEMBANGAN PROTOTIPE SOFTWARE ENSIKLOPEDIA MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Moh. Noval, Wuli Oktaningrum dan Angga Kurniawan Jurusan Matematika, Program Studi S1 Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang ABSTRAK Matematika sering menjadi pelajaran yang menakutkan bagi para siswa, khususnya bagi para siswa SMP. Pada jenjang pendidikan formal ini, siswa mulai dikenalkan dengan istilah-istilah yang baru bagi para siswa. Selain istilah, definisi atau pengertian dari beberapa konsep materi dapat membingungkan siswa, jika pada penjelasannya digunakan bahasa-bahasa yang kurang dapat dimengerti oleh para siswa. Selain itu, penjelasan konsep abstrak yang terkadang sulit dipahami juga menjadi salah satu kendala siswa dalam proses belajar dan memahami matematika. Software ensiklopedia matematika adalah program yang dapat dijadikan sebagai salah satu media dan referensi siswa dan guru dalam pembelajaran matematika. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe software ensiklopedia matematika SMP yang telah dibuat oleh salah satu mahasiswa Jurusan Matematika sebagai bahan penelitian di skripsi terbitan tahun 2007 oleh Universitas Negeri Malang (UM). Prototipe ini dikembangkan agar dapat siap untuk digunakan oleh siswa dan guru sebagai referensi dalam pembelajaran matematika di SMP. Software ini dapat digunakan oleh para guru dalam menyampaikan materi matematika di SMP, dan juga dapat digunakan sendiri oleh siswa secara langsung. Tahap pengembangan software pada kegiatan ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif. Model pengembangan software ini melalui beberapa tahap, yaitu: (1) tahap uji prototipe yang terdiri dari penyebaran angket kepada siswa dan guru SMP; (2) tahap pengembangan prototipe yang terdiri dari persiapan pada bidang media dan materi, dan pelaksanaan pengembangan; (3) tahap uji kinerja software yang didalamnya terdapat proses editing; dan (4) tahap pengemasan akhir. Dalam pengembangan prototipe ini diperlukan satu unit komputer multimedia dan beberapa software pendukung pengembangan. Software tersebut terdiri dari: (1) Microsoft Visual Basic versi 6.0; (2) Microsoft Office FrontPage versi 2003; (3) Corel versi X3; (4) MultiMedia Builder versi 4.9.1; dan (5) Cifree. Tahap pelaksanaan pengembangan prototipe dimulai dengan merancang kembali desain tampilan (Grafis) dan materi di dalam prototipe menurut hasil angket pada tahap uji prototipe. Sedangkan tahap pengemasan program hasil pengembangan ini menggunakan software pendukung pengembangan Cifree. Hasil akhir pengembangan prototipe software ensiklopedia matematika SMP ini telah memenuhi kriteria layak menjadi media pembelajaran matematika, seperti hasil uji coba pada angket yang telah diberikan pada siswa SMP/MTs. Surya Buana Malang. Kata kunci: pengembangan, prototipe, software, ensiklopedia. PENDAHULUAN Pendidikan adalah salah satu syarat yang harus dilalui oleh manusia daloam proses pengubahan sikap dan tata laku mereka dalam usaha yang mendewasakan manusia. Usaha-usaha tersebut dapat dilakukan melalui upaya pengajaran dan latihan (Yunus, 2007). Pendidikan adalah investasi jangka panjang seseorang. Pendidikan dapat menjadi hal yang sangat penting dan berarti dalam kehidupan seseorang saat ia mulai menghadapi permasalahan. Pesatnya perkembangan sistem komputer dan informatika pada sisi kehidupan yang lain juga memaksa semua orang agar ‘wajib' memiliki kemampuan atau kecakapan dalam bidang informatika yang telah global tersebut. Berbagai usaha dan inovasi, khususnya di Indonesia, selalu dan terus dilakukan dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satu kegiatan dalam proses peningkatan kualitas tersebut adalah dengan melakukan pengembangan pada media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam penyampaian materi. Dengan media belajar yang tepat, maka siswa dapat dengan mudah mempelajari materi pelajaran yang dianggapnya sulit. Selain itu, media pembelajaran tersebut juga harus menjadi penunjang evaluasi belajar siswa. Matematika adalah mata pelajaran yang sering menjadi momok bagi siswa. Banyak istilah dan penjelasan konsep yang membingungkan dan sulit untuk dipelajari. Istilah-istilah yang baru bagi mereka, penjelasan guru atau tutor yang sering membingungkan bagi siswa, juga menjadi salah satu penyebab anggapan siswa bahwa Matematika itu menakutkan. Padahal, konsep-konsep yang sulit dipahami oleh siswa akan menjadikan semangat siswa dalam belajar matematika menjadi turun. Menurut hasil penelitian yang telah di lakukan oleh salah satu mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang (UM) dipaparkan bahwa, beberapa hal tersebut diatas lebih banyak dialami oleh siswa yang duduk pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dalam hasil penelitian tersebut di tunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMP pada kelas VII dan VIII merasa kesulitan dalam memahami pengertian dari beberapa istilah matematika. Sebagai contoh adalah pengertian himpunan (materi matematika kelas VII semester II). Konsep utama dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan konstruktivis dan problem solving. Segala pengembangan dan inovasi dalam pembelajaran dapat dilakukan agar standart kompetensi dalam kurikulum dapat tercapai. Begitu pula dengan media pembelajaran yang digunakan. Salah satu inovasi dalam pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan ensiklopedi matematika dalam pembelajaran matematika di sekolah, terutama di SMP. Ensiklopedia matematika ini dapat menjadi referensi bagi para siswa dan guru serta dapat digunakan dalam pembelajaran. Ensiklopedia matematika adalah kumpulan uraian atau penjelasan tentang istilah-istilah dalam matematika dan tersusun menurut abjad. Fungsi ensiklopedia hampir sama dengan fungsi kamus, karena pada awalnya ensiklopedia memang berkembang dari suatu kamus. Ensiklopedia dapat memberikan penjelasan secara lebih mendalam dari suatu istilah yang ingin dicari. Pada tahun 1999 ensiklopedia matematika yang ditulis oleh ST. Negoro dan B. Harahap diterbitkan oleh penerbit Ghalia Indonesia. Ensiklopedia ini terbit atas dukungan proyek peningkatan mutu SMU Jakarta oleh Direktorat Pendidikan Menengah Umum Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun anggaran 1998/1999. Pada tahun 2006 diterbitkan pula Ensiklopedia Matematika dan Peradaban Manusia yang disusun oleh Dr. Wahyudin dan Drs. Sudrajat, M.Pd. Kedua ensiklopedia matematika ini ditujukan agar para siswa dapat mudah memahami matematika sekolah sebagai pengayaan. Dengan berkembangnya sistem informasi dan teknologi komputer digital, maka salah satu mahasiswa Jurusan Matematika UM merancang dan membuat prototipe software ensiklopedia matematika SMP. Ensiklopedia matematika ini adalah ensiklopedia matematika SMP pertama yang dirilis dalam bentuk perangkat lunak (software), dimana penggunaan dan pencarian kata-kata yang diinginkan dapat dicari dengan mudah. Namun, software ini hanya di rilis dalam bentuk prototipe, sehingga perlu dikembangkan lebih lanjut agar layak digunakan pada proses pembelajaran matematika di SMP. Berdasar kepada penjelasan diatas, didapatkan rumusan masalah yaitu "Bagaimana mengembangkan prototipe software ensiklopedia matematika SMP yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di SMP?". Tujuan pada program ini adalah untuk menghasilkan software ensiklopedia matematika dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di SMP. Software yang dihasilkan adalah program komputer yang disediakan dalam bentuk Compac Disk (CD) dan dengan format Freeware (Software gratis). Hasil pengembangan prototipe software ini bermanfaat bagi beberapa pihak, diantaranya adalah: 1. Bagi para guru, software ini dapat digunakan sebagai media referensi dan alternatif pembelajaran dalam membelajarkan matematika di SMP. 2. Bagi para siswa, software ini juga dapat digunakan sebagai media belajar matematika yang dapat digunakan secara mandiri sebagai media interaktif. 3. Bagi pihak sekolah, media ini yang dapat meningkatkan wawasan siswa dalam referensi materi matematika. METODE PENGEMBANGAN PROTOTIPE Untuk memudahkan pengembangan prototipe software ensiklopedia matematika SMP ini, baik pada tahap pra pengembangan maupun pasca pengembangan, maka disusunlah metode pengembangan yang didesain berdasarkan model pengembangan prosedural. Model pengembangan prosedural ini bersifat deskriptif yang berarti menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk (Saukah, 2000:37). Berikut model desain operasional dalam pengembangannya: Gambar 1. Desain Operasional pengembangan Prototipe Untuk memudahkan pengembangan prototipe software ensiklopedia matematika SMP ini, diperlukan beberapa bahan pendukung pengembangan. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah: (1) instrumen angket yang digunakan pada tahap uji coba awal; (2) software pengembangan yang terdiri dari (Visual Basic Professional versi 6.0, Multimedia Builder 4.9.0.1, Microsoft Office FrontPage 2003, Macromedia Flash Professional versi 8.0, dan Corel X3); (3) beberapa Compack Disk (CD) dan (3) satu unit komputer multimedia yang digunakan untuk pengembangan prototipe software ensiklopedia matematika SMP. HASIL DAN PEMBAHASAN 1. Tahap I Uji Prototipe Dalam tahap uji prototipe ini, prototipe software ensiklopedia matematika SMP yang telah ada di jalankan dan di evaluasi kekurangan serta kelebihannya secara teoritis. Teknik pengujian prototipe ini adalah dengan cara menyebarkan angket atau quisioner pada beberapa murid beserta Guru SMP. Hasil angket yang diperoleh adalah sbb: 2. Tahap II Pengembangan Prototipe Tahap pengembangan prototipe software ini merupakan tahap yang terdiri dari kegiatan persiapan dan pelaksanaan. Tahap persiapan adalah tahap dimana informasi yang didapat dari tahap uji coba mulai dilengkapi kekurangan-kekuranganya. Pada tahap ini informasi dari tahap uji coba di pisahkan, antara informasi mengenai kekurangan materi dan informasi mengenai kekurangan media. Tahap pelaksanaan pada pengembangan adalah tahap dimana kekurangan-kekurangan dari bagian media dan materi mulai dilengkapi. Kekurangan dari media dilengkapi dengan menambahkan fitur-fitur yang di anggap perlu, dan mengurangi fitur-fitur yang dianggap tidak perlu. Kekurangan di bagian materi dilengkapi dengan menambahkan materi yang dianggap perlu pada hasil uji coba, atau mengurangi materi yang tidak perlu. Selain itu, pada tahap pelaksanaan juga dilakukan penggabungan antara materi dan media. Pada langkah ini, media hanya sebagai kemasan dari materi, agar materi dapat disajikan dengan baik dan menarik pada pembelajaran matematika SMP. Tahapan pelaksanaan pada pengembangan dapat dijelaskan melalui diagram oprasional sebagai berikut: Gambar 2. Diagram Alur Program Langkah 1. Master Prototipe Ensiklopedia Matematika 2006 di decompile menjadi file ber-ekstensi (*.vbp) atau file Visual Basic Project. Bahasa Program yang digunakan adalah bahasa Basic. Gambar 3. File Master Prototipe Software yang akan dikembangkan Langkah 2. Dari master tersebut di pisah agar dapat dikembangkan menjadi dua program. Dalam file visual basic project (*.vbp), dan dalam file ber-ekstensi (*.swf) atau file Shockwave Flash. Dalam file *.vbp ini terdapat file form, dan module. Dalam file form, berisi komponen-komponen tampilan program, seperti tombol, gambar latar, tulisan, dll. Dalam file module, berisi tentang bahasa pemrograman yang digunakan program tersebut agar dapat berjalan. Gambar 4. Microsoft Visual Basic Professional versi 6.0 Selain itu, gambar dan desain grafis yang digunakan dalam program juga di edit dan di perbaiki dengan menggunakan software Corel versi X3. Gambar 5. Corel versi X3 Sedangkan untuk program intro, menggunakan program Macromedia Flash versi 8.0. Langkah 3. Software Ensiklopedia Matematika 2008 yang telah terintegrasi kemudian di compile dalam format application program (*.exe) dan dalam format shockwave flash player (*.swf). setelah itu, baru di kemas dalam bentuk instalasi program. Langkah 4. Software Ensiklopedia Matematika 2008 yang siap pakai kemudian di pakage atau dikemas agar menjadi program yang dapat di install pada semua jenis komputer. Dalam membuat installasi program, kami menggunakan program ciffre trial version. Sebagai catatan, program ini memiliki syarat komponen minimal yang dimiliki oleh komutper, diantaranya adalah: Sistem Operasi (OS) Windows 98, Windows Me, Windows 2000 Professional, Windows XP Home Edition, Vista atau Windows XP Professional SP2, disarankan. 1. Internet Explorer 4.01, Service Pack 2 atau higher disarankan; IE 5.01 atau lebih tinggi kamu dapat mendownload versi terakhir dengan Internet Explorer di alamat: http://www.microsoft.com/ 2. 100 megabytes (MB) hard disk untuk Instalasi penuh. 3. RAM min 128 MB. 4. Intel Pentium-class or compatible processor rated at 100 MHz or higher. 5. CD-ROM drive. 3. Tahap III Uji Kinerja Alat Tahap terakhir ini adalah tahap dimana software ensiklopedia matematika SMP ini di uji kembali kepada audiens atau siswa yang sama pada tahap uji coba awal. Hasil pada tahap ini sudah tidak ada kekurangan pada materi dan media software ensiklopedia matematika SMP. KESIMPULAN DAN SARAN 1. Kesimpulan Pengembangan prototipe software ensiklopedia matematika SMP dilakukan dengan Model pengembangan prosedural dalam tiga tahap utama. Tahap I adalah tahap uji coba prototipe, tahap II adalah tahap pengembangan program, dan tahap III adalah tahap uji kinerja alat. Ketiga tahap tersebut telah dijelaskan pada penjelasan tentang metode pengembangan. Untuk dapat mengembangkan prototipe software ensiklopedia matematika SMP diperlukan beberapa perangkat pendukung yang dapat memudahkan dalam pengembangan. Software yang dihasilkan juga harus mudah digunakan oleh semua orang (user friendly). Software ensiklopedia matematika SMP ini telah terintegrasi dalam bentuk Compact Disk (CD). Software ini juga dapat dijalankan pada seperangkat komputer lengkap dengan syarat diantaranya adalah: (1) memiliki Sistem Operasi (OS) Windows 98, Windows Me, Windows 2000 Professional, Windows XP Home Edition, Vista atau Windows XP Professional SP2, disarankan; (2) memiliki Internet Explorer 4.01, Service Pack 2 atau higher disarankan; IE 5.01; (3) 100 megabytes (MB) hard disk free untuk Instalasi penuh; (4) RAM min 128 MB; (5) Intel Pentium-class or compatible processor rated at 100 MHz or higher; (6) CD-ROM drive; dan (7) VGA and Sound Card. 2. Saran Berdasar kepada kajian pengembangan software ensiklopedia matematika SMP diatas, penulis menyampaikan beberapa saran diantaranya adalah: 11. Umum a. Melakukan pengembangan lanjutan software ensiklopedia Matematika SMP agar materinya dapat lebih up to date. b. Menambah beberapa game pembelajaran agar pengguna dapat lebih interaktif dengan program. c. Melakukan uji kinerja alat kepada audiens yang banyak. 12. Guru Menerapkan software ensiklopedia matematika SMP sebagai media dan referensi dalam pembelajaran matematika. 3. Siswa Mengunakan software ensiklopedia matematika SMP sebagai media dalam belajar matematika. DAFTAR PUSTAKA _____________. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika SMP/MTs. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Balitbang, Pusat kurikulum. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP & MTs . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Negoro, ST & Harahap, B. 2004. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Ghalia Indonesia. Saukah, Ali. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UM Press. Tim Penyusun Kamus. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Wahyudin & Sudrajat. 2003. Ensiklopedia Matematika Untuk SMP (Topik-Topik Pengayaan Matematika). Jakarta: CV. Tarity Samudra Berlian. Yunus, Arrizal Muhaemin. 2007. Pengembangan Prototipe Software Ensiklopedia Matematika Sekolah Menengah Pertama. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. http://ilmukomputer.com:81/index.php, diakses 2 Mei 2008 http://www.wikipedia.com/, diakses 20 Mei 2008 LAMPIRAN GAMBAR KEGIATAN 1. Proses Tahap I Uji Coba Prototipe 2. Tampilan AutoRun Instalasi Awal 3. Tampilan Proses Install Software Ensiklopedia Matematika SMP 2008 3. Tampilan Software Ensiklopedia Matematika SMP 2008 4. Tampilan Manual Book Ensiklopedia Matematika SMP 2008