Pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan pendekatan Kecerdasan Majemuk untuk Anak Usia Dini di Jawa Timur
Main Author: | Roesdiyanto,Sulistyorini,Abdul Huda Roesdiyanto,Sulistyorini,Abdul Huda |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Keolahragaan UM
, 2011
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/karya-dosen-fik/article/view/11688 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berorientasi pada pengadaan buku yang dapat digunakan sebagai sumber belajar tercetak bagi guru dalam mengajar pendidikan jasmani mengunakan pendekatan kecerdasan majemuk. Tujuan penelitian adalah: 1) Melakukan analisis kebutuhan perlunya bentuk-bentuk permainan dan 2) Menemukan karakteristik permainan serta 3) Mengembangkan buku permainan dengan pendekatan kecerdasan majemuk pada pendidikan jasmani untuk anak usia dini. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan (development research) dari Borg and Gall, dengan rancangan survey, untuk memperoleh data (a) Kebutuhan model pembelajaran untuk anak usia dini, (b) Data karakteristik model pembelajaran,(c) Faktor pendukung/penghambat pengembangan model, (d) Kebutuhan alat bantu pembelajaran. Subyek penelitian Guru TK sebanyak 42 orang di 7 kota/kabupaten Jawa Timur, dan rancangan pengembangan dengan subyek guru TK di Malang, ahli pendidikan jasmani, ahli pendidikan, ahli psikologi pendidikan. Hasil berupa (1) Buku panduan teori, (2) Buku model-model permainan yang berisi perancangan, pengorganisasian berdasarkan kecerdasan majemuk terdiri dari (a). Permainan sirkuit cerdas, (b) Permainan estafet ceria dan (c) Permainan lalu lintas, dan (3) VCD model-model permainan berdasarkan kecerdasan majemuk