HUBUNGANCARA BELAJAR DAN KONDISI EKSTERNAL BELAJARDENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MA AL-AZIZ KECAMATAN DAMPIT MALANG

Main Authors: nur hasanatul azizah; Mahasiswa, nur hasanatul azizah; mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/karya-dosen-fe/article/view/41191
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Azizah, Nur Hasanatul. 2015. Hubungan cara belajar dan kondisi eksternal belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA AL-AZIZKecamatanDampit Malang. Skripsi.JurusanEkonomi Pembangunan. FakultasEkonomi.UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (1) Drs.MardonoM.Si, (2) Dr. AgungHaryono, S.E, M.P, Ak. Kata kunci: Cara Belajar, KondisiEksternalBelajar, HasilBelajar Cara belajarmerupakansuatukecakapan yang dimilikiolehsetiapsiswadenganjalanlatihandalamusahabelajarnyasehinggamenjadikebiasaan yang melekatpadadirisiswa.Cara belajarsiswaberbedaantarasiswa yang satudengan yang lainnya, halinidisebabkankarenaheterogenitassiswa, carabelajarmerupakanhal yang sangatpentingdiperhatikan demi tercapainyasuatutujuandari proses belajarkarenabelajarsiswaakansia-siaapabilasiswatidakmenggunakancaraatauteknik yang tepat. Hal lain yang tidakkalahpentinguntukdiperhatikanadalahkondisieksternalbelajarsiswa yang mencakupkebersihantempatbelajarsiswa, penerangantempatbelajarsiswasertasaranabelajar yang dapatmenunjangkegiatanbelajarsiswa. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkorelasional, yaitupenelitian yang bertujuanuntukmenguraikanhubunganantaravariabel-variabeldalampenelitian.Variabeldalampenelitianiniadalahcarabelajar (X1), kondisieksternalbelajar (X2), danhasilbelajar (Y). Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas XI IIS MA AL-AZIZ TahunAjaran 2014/2015.Alat yang digunakanuntukmengumpulkan data dalampenelitianiniadalahdokumentasidankuisioner.Analisis data yang digunakanadalahanalisisChi-Squareyang diujipadatarafsignifikansi 0,05. Dari hasilpenelitiandiketahuibahwaterdapathubungannegatifantaracarabelajardenganhasilbelajarpadamatapelajaranekonomisiswakelas XI IPS MA AL-AZIZ, darihasilpenelitianjugadiketahuibahwaterdapathubungannegatifantarakondisieksternalbelajardenganhasilbelajarpadamatapelajaranekonomisiswakelas XI IPS MA AL-AZIZ, siswakelas XI IPS MA AL-AZIZ sebagianbesarmasihmemilikicarabelajar yang tidakbaik, halserupajugadilihatpadakondisieksternalbelajarsiswa, yang manasebagianbesarsiswatidakmempunyaikondisieksternalbelajar yang dapatmendukungaktivitasbelajarsiswa. Hal iniberdampakpadahasilbelajarsiswa, yaitusiswatidakmendapatkanhasilbelajar yang maksimal. Olehkarenaitusiswaperlumendapatkanbimbingan agar dapatmengetahuisertamenerapkancarabelajar yang efektif, sepertibelajarsebelumberangkatkesekolah, sepulangsekolahmengulangimateripelajaran yang dipelajaridanmelengkapicatatan-catatan yang belumlengkap, memanfaatkanwaktuluanguntukbelajar, sertamemanfaatkanfasilitasperpustakaandengansebaikmungkin. Selainituperbaikankondisieksternalbelajarbaikberupakebersihantempatbelajarmaupunsaranabelajarjugaperluditingkatkanuntukmenunjangkegiatanbelajarsiswa.Cara belajar yang efektifdankondisieksternalbelajar yang mendukungperludikeloladenganbaik agar dapatterciptasuasanabelajar yang kondusifsehinggasiswadapatbelajardenganbaik, belajardenganbaikartinyasiswadapatmemahamimateri yang dipelajari demi memperolehhasilbelajar yang tinggisertamembawaperubahankearah yang baikpadadirisiswa.