Peningkatan Hasil Belajar Sumber Daya Alam Melalui Model TGT (Teams Games Tournament) pada Siswa Kelas IV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitar
Main Author: | Asnaul Lailina Nikmatuz Zahrok; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Pendidikan UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/karya-dosen-fip/article/view/79124 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/karya-dosen-fip/article/download/79124/0 |
Daftar Isi:
- Observasi yang dilakukanpeneliti di kelasIV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitarmenunjukkanbahwa: (1) tidakditerapkannyametodemaupun model pembelajaran yang bervariasi, (2) kurangmaksimalnyapemanfaatan media pembelajaran, (3) siswapasifdankurangterlibatdalampembelajaran, (4) tidakadanyareinforcement, (5) hasilbelajarsiswapadamaterisumberdayaalammasihrendah,yaituhanyaterdapat 5 dari 21 siswa yang tuntasdalampembelajaranatausebesar 24%. Solusiuntukpermasalahantersebutadalahdenganditerapkannya model pembelajaranTGT.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapandanpeningkatanhasilbelajarsiswapadamaterisumberdayaalam.JenisPenelitianyang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK)denganpendekatankualitatif.Penelitiandilaksananakanselama 2 siklusdengantahapanmasing-masingsiklusadalah:(1) Perencanaan(2) pelaksanaan (3) observasi,dan (4) refleksi. Teknikpengumpul data yang digunakanadalahteknikobservasi,tes, dokumentasi, wawancara, dancatatanlapangan. Data dianalisismelaluikegiatanreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulanHasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model pembelajaran TGT dilaksanakandengansangatbaikoleh guru dansiswa. Persentaseaktivitas guru padasiklus I adalah 84% dengankategoribaikdanmeningkatpadasiklus II menjadi 100% dengankategorisangatbaik.Siswaaktifdanantusiasdalammengikutisetiaptahapanpadamodel pembelajaran TGT. Terdapatpeningkatanpadahasilbelajarsiswa. Ketuntasanbelajarklasikalpadasiklus I sebesar 50% danmeningkatmenjadi 89% padasiklus II.Kesimpulannya model pembelajaran TGT telahdilaksanakandengansangatbaikoleh gurumaupunsiswa,sertadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitar. Untukitudalammenerapkan model pembelajaran TGT, guru hendaknyamampumengkondisikankelasdenganbaik, memberikanperhatianlebihkepadasiswadalamkegiatankelompokdanturnamen, sertamempertimbangkanwaktupelaksanaansetiaptahapan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament)khususnyadalamkegiatanturnamenkarenamembutuhkanwaktu yang lebihbanyak.