Peningkatan Hasil Belajar Sumber Daya Alam Melalui Model TGT (Teams Games Tournament) pada Siswa Kelas IV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitar

Main Author: Asnaul Lailina Nikmatuz Zahrok; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Pendidikan UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/karya-dosen-fip/article/view/79124
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/karya-dosen-fip/article/download/79124/0
Daftar Isi:
  • Observasi yang dilakukanpeneliti di kelasIV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitarmenunjukkanbahwa: (1) tidakditerapkannyametodemaupun model pembelajaran yang bervariasi, (2) kurangmaksimalnyapemanfaatan media pembelajaran, (3) siswapasifdankurangterlibatdalampembelajaran, (4) tidakadanyareinforcement, (5) hasilbelajarsiswapadamaterisumberdayaalammasihrendah,yaituhanyaterdapat 5 dari 21 siswa yang tuntasdalampembelajaranatausebesar 24%. Solusiuntukpermasalahantersebutadalahdenganditerapkannya model pembelajaranTGT.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapandanpeningkatanhasilbelajarsiswapadamaterisumberdayaalam.JenisPenelitianyang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK)denganpendekatankualitatif.Penelitiandilaksananakanselama 2 siklusdengantahapanmasing-masingsiklusadalah:(1) Perencanaan(2) pelaksanaan (3) observasi,dan (4) refleksi. Teknikpengumpul data yang digunakanadalahteknikobservasi,tes, dokumentasi, wawancara, dancatatanlapangan. Data dianalisismelaluikegiatanreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulanHasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model pembelajaran TGT dilaksanakandengansangatbaikoleh guru dansiswa.  Persentaseaktivitas guru padasiklus I adalah 84% dengankategoribaikdanmeningkatpadasiklus II menjadi 100% dengankategorisangatbaik.Siswaaktifdanantusiasdalammengikutisetiaptahapanpadamodel pembelajaran TGT. Terdapatpeningkatanpadahasilbelajarsiswa. Ketuntasanbelajarklasikalpadasiklus I sebesar 50% danmeningkatmenjadi 89% padasiklus II.Kesimpulannya model pembelajaran TGT telahdilaksanakandengansangatbaikoleh gurumaupunsiswa,sertadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitar. Untukitudalammenerapkan model pembelajaran TGT, guru hendaknyamampumengkondisikankelasdenganbaik, memberikanperhatianlebihkepadasiswadalamkegiatankelompokdanturnamen, sertamempertimbangkanwaktupelaksanaansetiaptahapan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament)khususnyadalamkegiatanturnamenkarenamembutuhkanwaktu yang lebihbanyak.