Efektifitas Terpaan Publisitas Kegiatan Filantropi PT Sido Muncul dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Tolak Angin di Kota Semarang

Main Authors: Wuryandini, Teresia Kinta, Pradekso, Tandiyo, Rakhmad, Wiwid Noor, Naryoso, Agus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Diponegoro , 2015
Subjects:
Online Access: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/9304
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/9304/9034
Daftar Isi:
  • Loyalitas konsumen Tolak Angin dapat dikatakan rendah, oleh karena itu PT SidoMuncul melakukan berbagai kegiatan untuk mendekatkan Tolak Angin pada masyarakat,salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan filantropi dan menumbuhkan kepercayaankonsumen akan merek Tolak Angin. Lalu, seberapa besar efektifitas terpaan publisitaskegiatan filantropi PT Sido Muncul dan brand trust terhadap loyalitas konsumen TolakAngin di Kota Semarang?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar efektifitas terpaanpublisitas kegiatan filantropi PT Sido Muncul dan brand trust terhadap loyalitas konsumenTolak Angin di Kota Semarang.Boundary Spanning Public Relations Theory dan Commitment-Trust Theorydigunakan untuk menjelaskan efektifitas terpaan publisitas kegiatan filantropi PT SidoMuncul dan brand trust terhadap loyalitas konsumen Tolak Angin di Kota Semarang.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Tolak Angin di Kota Semarang yang terterpapublisitas kegiatan filantropi yang dilakukan oleh PT Sido Muncul yang diambil sebanyak 50orang, dengan teknik purposive sampling.Analisis Regresi Linear Berganda digunakan untuk melakukan uji hipotesis. Ujihipotesis menunjukkan nilai signifikansi variabel terpaan publisitas kegiatan filantropi PTSido Muncul adalah 0,158 atau lebih besar dari α (0,05), sehingga terpaan publisitas kegiatanfilantropi PT Sido Muncul tidak mempengaruhi loyalitas konsumen Tolak Angin di Kotasemarang. Sedangkan, nilai signifikansi variabel brand trust adalah 0,000 atau lebih kecildari α (0,05), sehingga brand trust mempengaruhi loyalitas konsumen Tolak Angin di KotaSemarang.Variasi variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh kedua variabel independenadalah sebesar 34%, brand trust memberikan sumbangan relatif sebesar 32, 7% dansumbangan efektif sebesar 11,11 %.