Strategic Communication Museum Kereta Api Ambarawa sebagai Project Manager
Main Authors: | Hamidi, Mohammad Akbar Rizal, Widagdo, M Bayu, Setyabudi, Djoko, Pradekso, Tandiyo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Diponegoro
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/9278 https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/9278/9008 |
Daftar Isi:
- Tugas akhir berupa karya bidang ini dilatarbelakangi oleh sangat potensialnyamuseum kereta api Ambarawa sebagai rancangan museum kereta apiInternasional, akan tetapi kurangnya promosi museum membuat museum jarangdikenal oleh masyarakat dan belum banyak dikunjungi. Terbukti dari riset yangtelah dilaksanakan, diperoleh angka brand knowledge informan terhadap museumKA sebesar 58% yang menunjukan bahwa orang belum tahu museum kereta apiAmbarawa, dimana letaknya dan apa saja barang yang dikoleksi disana.Sedangkan tingkat afeksi menunjukan angka 37%, hal ini menunjukan bahwaorang masih belum mau mencari tahu informasi tentang museum KA Ambarawaitu sendiri. Sedangkan hal behavior berupa tingkat kunjungan masihlah berada dirata-rata kunjungan sebesar 600 orang per hari.Tujuan dari diadakannya Strategic Communication Museum Kereta ApiAmbarawa ini adalah mempromosikan Museum Kereta Api Ambarawa gunameningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat untuk berkunjung ke museumKereta Ambarawa. Selain itu karya bidang ini juga bertujuan untuk meningkatkanafeksi, kognisi dan juga behavior pengunjung maupun calon pengunjung museumkereta api Ambarawa.Pada 1 bulan pelaksanaan di bulan Mei 2015, kegiatan berhasil mendapatkanpeningkatan pengunjung yang signifikan di bulan Mei dengan total kunjungan21.514 orang (dewasa) dan 9.272 orang (anak-anak). Rata-rata di bulan Meimenunjukan angka 993 orang per hari. Jika dikatergorikan berdasarkan kunjunganweekend dan weekdays, pada weekdays menunjukan angka rata-rata 623 orang danpada weekend menunjukan angka rata-rata 1.769 orang. Aspek kognisitentangpengetahuan pengunjung tentang museum Kereta Api Ambarawa tentang apa,dimana letak museum, koleksi, dan juga potensi museum kereta api Ambarawadalam pelaksanaannya meningkatkhingga presentase 73% dari angka 58%.Dalamaspek afeksi didasarkan pada minat masyarakat untuk mau berkunjung keMuseum Kereta Api Ambarawa dalam pelaksanaannya meningkat dia angka 66%dari 37%.Karya bidang ini menunjukkan bahwa “Strategic CommunicationMuseum Kereta Api ambarawa ‘Sepoorheroes’ berhasil dilakukan sesuai goalsyang ditentukan.