Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pendengar Radio TRAX FM Semarang

Main Authors: Meisavitri, Noni, Pradekso, Tandiyo, Setyabudi, Djoko, Santosa, Hedi Pudjo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Diponegoro , 2014
Online Access: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/5756
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/5756/5542
Daftar Isi:
  • Dewasa ini pertumbuhan industri media massa semakin menunjukkankompetensinya yang ketat. Terlebih lagi dengan kehadiran media online atauinternet di Indonesia, hal in menjadikan media massa cetak dan elektronikberusaha menyajikan terobosan yang terbaik. Salah satunya adalah media massaeletronik berupa radio siaran yang makin berkembang menjadi sebuah radiojaringan. TRAX FM Semarang sebagai sebuah radio jaringan TRAX harus bisamengikuti perkembangan jaman dengan memberikan pelayanan yang berkualitasdi dalam sebuah program. Karena pelayanan yang berkualitas akan menimbulkansatu kepuasan dalam diri konsumen dalam hal ini pendengar. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui hubungan faktor kualitas pelayanan radio siarandengan kepuasan pendengar radio TRAX FM Semarang. Teori yang digunakanadalah SERVQUAL (service quality) yaitu reliabilitas, responsiveness, assurance,empathy dan tangible dari Parasuraman (dalam Tjiptono dan Chandra, 2005 :145), konsep kepuasan menurut Kotler (1997 : 36) dan Stauss dan Neuhaus(dalam Sumarwan (2011 : 146) dan teori diskonfirmasi menurut Sumarwan (2011: 143). Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory(penjeasan). Sedangkan teknik pengambilan samplenya adalah judgementalsampling (pengambilan contoh penilaian) salah satu bentuk dari conveniencesampling (Sumarwan, 2011 : 94) dengan total sampel sebanyak 100 responden.Alat yang digunakan untuk analisi data adalah uji statistic Kendall’s tau_b.Hasil penelitian pada pengujian hipotesis pertama menunjukkan terdapathubungan yang signifikan antara reliabilitas dalam pelayanan dengan kepuasanpendengar ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,521. Hipotesis keduamenunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara responsiveness dalampelayanan dengan kepuasan pendengar ditunjukkan dengan koefisien korelasi0,510. Hipotesis ketiga menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antaraassurance dalam pelayanan dengan kepuasan pendengar ditunjukkan dengankoefisien korelasi 0,613. Hipotesis keempat menunjukkan terdapat hubungan yangsignifikan antara empathy dalam pelayanan dengan kepuasan pendengarditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,613. Hipotesis kelima menunjukkanterdapat hubungan yang signifikan antara tangible dalam pelayanan dengankepuasan pendengar ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,620.Kata Kunci : Radio, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pendengar