Popularitas Hallyu Di Arab Saudi
Daftar Isi:
- Produk kultural Korea Selatan atau Hallyu memiliki popularitas di seluruh dunia, termasuk di Arab Saudi. Walaupun promosi dari pemerintah maupun perusahaan Korea Selatan sangat minim karena terdapat sejumlah restriksi, namun popularitas Hallyu di Arab Saudi cukup signifikan. Hal ini terefleksikan dari banyaknya jumlah penonton musik video Hallyu dan ketertarikan masyarakat Arab Saudi terhadap Hallyu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa hal ini terjadi melalui metode penelitian eksplanatif dengan mengkaji secara kualitatif berdasar pada teori globalisasi dan tren konsumsi budaya, mediascape, cultural proximity serta kaitan demografi dengan modal kultural dan sosial. Penelitian ini berfokus pada tahun-tahun meningkatnya popularitas Hallyu di Arab Saudi, yakni pada tahun 2010-2012. Hasil penelitian ini menemukan bahwa popularitas Hallyu di Arab Saudi didorong oleh adanya globalisasi, lebih tepatnya penyebaran melalui media konvensional maupun non-konvensional. Beberapa proksimitas kultural antara Arab Saudi dan Korea Selatan juga mendukung penerimaan Hallyu sehingga produk kultural tersebut menjadi populer di Arab Saudi. Hallyu juga menjadi alternatif konten hiburan sebagai modal budaya dan sosial bagi generasi muda di Arab Saudi.