Daftar Isi:
  • Dalam kota saat ini dunia perhotelan meningkat dengan cepat dalam setahun ada beberapa hotel baru yang akan dibuka. Hal ini membuat persaingan dalam dunia perhotelan semakin berlomba-lomba agar hotel yang telah dibuka tidak di tutup kembali. Agar operasional kerja hotel berjalan dengan lancar dan baik maka dalam perhotelan pasti ada department yang membantu. Department yang penting dalam hotel adalah accouting department, dan section yang utama yaitu acoount payable. Dimana account payable ini bertugas untuk mengurus hutang dan pajak yang ada di hotel, selain untuk mengurus hutang dan pajak namun account payable juga melakukan kegiatan kearsipan. Kegiatan utama dalam kearsipan adalah filing. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data, wawancara, dan dokumentasi. Isi dalam penelitian ini adalah bagaimana pemeliharaan arsip dalam account payable pada Hotel Novotel Samator Surabaya Timur dan apa saja hambatan yang terjadi. Dalam melakukan kegiatan ini pasti ada beberapa masalah yang menghambat proses filing, seperti dokumen yang belum lengkap. Hal ini akan memperlambat pembayaran dan juga kegiatan filing dalam hotel. Agar hal itu tidak terjadi maka seorang account payable di perlukan ketelitian agar saat melakukan kearsipan dan pembayaran tidak ada dokumen yang tertinggal.