Daftar Isi:
  • Piutang merupakan kebiasaan bagi perusahaan untuk memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada para pelanggan pada waktu melakukan penjualan. Kelonggaran-kelonggaran yang diberikan biasanya dalam bentuk memperbolehkan para pelanggan tersebut membayar kemudian atas penjualan barang atau jasa yang dilakukan. Di Hotel Harris Gubeng piutang di kelola oleh Department Accounting pada section Account Receivable. Dalam mengelola piutang terdapat beberapa mekanisme yaitu : pencatatan piutang, penyampaian piutang, penagihan piutang, dan penerimaan piutang. Dan pada saat melakukan penagihan piutang pihak Account Receivable melaksanakan beberapa SOP seperti : melakukan penagihan sesuai dengan jangka waktu yang diberikan kepada pelanggan, melengkapi dokumen – dokumen terkait dengan penagihan piutang, melakukan penagihan piutang dengan sopan. Pada saat melakukan penagihan Account Receivable juga mengalami beberapa kendala namun mereka juga memeliki berbagai cara untuk mengatasi kendala tersebut. Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur penagihan piutang yang dilakukan dan untuk bagaimana pelaksnaan SOP dalam penagihan piutang oleh Account Receivable Hotel harris Gubeng Surabaya, dengan rumusan masalah seperti : 1) Bagaimana mekanisme penagihan piutang dan pelaksanaan SOP oleh Account Receivable Hotel Harris Gubeng Surabaya?, 2) Apa hambatan dalam penagihan piutang oleh Account Receivable Hotel Harris Gubeng Surabaya dan bagaimana cara mengatasinya?