Daftar Isi:
  • Perbankan sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa, maka hal penting yang perlu diperhatikan adalah kualitas pelayanannya. Apabila kualitas pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan nasabah maka akan tercipta kepuasan nasabah. Sehingga perusahaan perbankan perlu mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang mereka miliki untuk menciptakan kepuasan terhadap nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pembayaran umrah yang terdiri dari lima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty terhadap tingkat kepuasan PPIU pada Bank Syariah Mandiri di wilayah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel dan didapatkan 32 responden yaitu petugas PPIU di wilayah Sidoarjo yang bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri dalam proses pembayaran umrah. Instrumen yang digunakan dalam mendukung penelitian ini adalah kuesioner secara langsung maupun melalui google form yang disebarkan kepada petugas PPIU. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan pembayaran umrah dengan kepuasan PPIU pada Bank Syariah Mandiri di wilayah Sidoarjo. Sehingga apabila kualitas pelayanan pembayaran umrah semakin tinggi maka akan semakin tinggi pula kepuasan PPIU kepada bank. Hal ini dibuktikan dengan adanya koefisien regresi yang bernilai positif yang diketahui dalam uji linier sederhana dan dalam uji persial (uji T) didapatkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dan juga nilai signifikansi yang lebih kecil dari nilai signifikansi yang sudah ditentukan.