Daftar Isi:
  • Sistem Informasi Pemasaran bengkel Las Bima Purnama merupakan sebuah sistem berbasis web. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sistem yang dapat membantu proses bisnis yang ada pada Bengkel Las Bima Purnama, sehingga menjadi lebih mudah, efisien, serta meminimalkan terjadinya kesalahan. Sistem ini menangani 4 proses yaitu Proses Pemesanan, Proses Pembayaran, Proses Pengelolaan katalog, dan Proses Pembuatan Laporan. Dalam pembuatan Sistem Informasi Pemasaran Bengkel Las Bima Purnama memiliki beberapa tahap yang dibutuhkan. Tahap pertama yaitu mengumpulkan data dan mengidentifikasi permasalahan dengan melalukan wawancara. Tahap kedua yaitu menganalisis permasalahan yang ada dengan Document Flow Diagram dan Fishbone Diagram. Tahap ketiga yaitu melakukan desain proses dengan Diagram Jenjang dan Data Flow Diagram (DFD). Selanjutnya yaitu desain sistem yang terdiri dari desain database dengan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 10 entitas, dan Physical Data Model (PDM) yang menghasilkan 10 tabel serta desain antarmuka. Tahap keempat yaitu menggambarkan sistem dengan mengambarkan Diagram Alir dan mengimplementasikannya ke dalam program sistem berbasis web. Tahap terakhir yaitu melakukan pengujian sistem pada Sistem Informasi Pemasaran Bengkel Las Bima Purnama. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Pemasaran bengkel Las Bima Purnama telah sesuai dengan kebutuhan fungsional yaitu dapat menangani proses bisnis secara mudah dan efisien, serta menghasilkan laporan yang efektif dan terkomputerisasi