Peran Section Logistik Accounting Department Dalam Menunjang Kelancaran Operasional Best Western Papilio Hotel Surabaya
Daftar Isi:
- Industri perhotelan merupakan salah satu industri yang berperan penting dalam perkembangan ekonomi dan pariwisata di Indonesia. Hotel sebagai industri yang bergerak di bidang jasa harus menyediakan berbagai kebutuhan dan fasilitas yang memadai, sumber daya manusia yang terampil dan pengelolaan secara professional untuk menunjang kelancaran operasional hotel. Section logistik berperan penting dalam menunjang kelancaran operasional hotel untuk memenuhi semua kebutuhan hotel mulai dari pembelian barang, penerimaan barang,penyimpanan barang, pendistribusian barang kepada user, dan pembayaran hutang kepada supplier. Dalam proses tersebut section logistik harus mempunyai komunikasi yang baik dan aktif dengan sesama bagian, antar departemen, dan juga komunikasi yang baik kepada supplier. Yang menjadi objek utama penelitian ini adalah staff section logistik di Best Western Papilio Hotel Surabaya yang melakukan kegiatan operasional sesuai dengan kebijakan hotel. Namun, dalam penerapannya ditemukan permasalahan yang mengakibatkan miskomunikasi antar bagian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses alur pembelian barang di hotel, cara menangani kesalahan harga pada nota, dan cara menciptakan koordinasi yang baik di section logistik Best Western Papilio Hotel Surabaya. Metode penelitian dalam pembuatan tugas akhir ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari responden atau narasumber. Hasil penelitian ini menunjukan adanya permasalahan yang terjadi yaitu, kesalahan harga pada nota yang dapat mengakibatkan penundaan pembayaran kepada supplier dan terjadinya miskomunikasi antar bagian. Seharusnya section logistik memiliki komunikasi yang aktif dan mengadakan meeting mingguan agar miskomunikasi tersebut dapat diminimalisir atau tidak terjadi miskomunikasi lagi.